oleh

Sosialisasi Poltekim di Smaker 1 Tomohon, Kakanim Manado Berikan Paspor Gratis

Sulut Times,  Tomohon : Siswa SMA Kristen 1 Tomohon memiliki potensi besar untuk meraih kesuksesan sebagai insan Imigrasi dengan mengikuti pendidikan sekolah kedinasan Politeknik Imigrasi, kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado, Friece Sumolang, dalam kegiatan Sosialisasi Politeknik Imigrasi yang dirangkaikan dengan Sosialisasi Pencegahan PMI Non Prosedural.

Politeknik Imigrasi merupakan sekolah kedinasan dibawah Kementerian Hukum dan HAM RI, memiliki 4 program pendidikan yakni Diploma III Keimigrasian, Diploma IV Manajemen Teknologi Keimigrasian, Diploma IV Hukum Keimigrasian, dan Diploma IV Administrasi Keimigrasian yang berdiri resmi sejak tahun 2016, setelah sebelumnya meningkat status dari Akademi Imigrasi.

Poltekim telah meluluskan banyak Aparatur Sipil Negara berstatus Pejabat Imigrasi yang menjalankan tugas di Kantor Imigrasi, Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandara, Pelabuhan dan Pos Perbatasan Darat, Rumah Detensi Imigrasi, maupun ditempatkan diluar negeri sebagai Atase Imigrasi pada Kedubes RI / Konjen RI di negara sahabat.

Dihadapan sekitar 240 siswa kelas XII, Kepala Sekolah SMA Kristen 1 Tomohon, FERLY JESAJA WENAS RAU, menyambut baik kegiatan ini.

Baca Juga  Bungkam Kuda Hitam Banten, Jatim Juara Antar Provinsi Putra

“Saya berharap ada siswa Smaker Tomohon yang setelah lulus dapat bergabung di Poltekim. Oleh karena itu, saya mendorong para siswa untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan”, harapnya.

Poltekim sendiri diwakili oleh 6 orang dari total 663 taruna yang saat ini melaksanakan kegiatan PKL di Kanim Manado. 

“Jadi kami berenam telah hampir sebulan melaksanakan PKL ikut melaksanakan tugas sehari-hari yang berjalan di Kanim Manado. Kami mengajak generasi muda Sulawesi Utara menjadi Taruna Poltekim, dimana pada tahun ini akan dibuka pendaftaran untuk 300 orang dari seluruh Indonesia”, ajak Rezky Sebayang, Taruna asal Batam

Sulawesi Utara sendiri patut berbangga karena salah satu putra terbaiknya yakni Dr. Ronny F. Sompie saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal Imigrasi.

“Jadi sebagai generasi muda kita patut meneladani apa yang ditunjukan para pemimpin kita, jauhi narkoba, belajar dengan baik hingga dapat bekerja dan berkarya bagi bangsa. Dengan bergabung sebagai taruna Politeknik Imigrasi, maka kesuksesan yang dicita-citakan pasti akan terpenuhi”, kata Kakanim Manado Friece Sumolang.

Di sela-sela acara, Kakanim memberikan kesempatan para siswa untuk bertanya dan sesi ini disambut dengan antusias oleh para siswa yang begitu penasaran terkait Poltekim maupun tentang keimigrasian. 

Baca Juga  Kakanim Manado Bantu Pelayanan E-Passpor di Mall

“Sebagai apresiasi atas pertanyaan para siswa, saya menghadiahkan Paspor gratis bagi 5 siswa dengan harapan Paspor ini digunakan dengan tujuan yang benar dan bermanfaat”, tutup Sumolang.

Komentar