oleh

ODSK Sukses Wujudkan Daerah Sehat, Sulut Terima 4 Penghargaan

Sulut Times, Jakarta: Berdasarkan hasil pleno antara Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan pada tanggal 15 Oktober 2019 bertempat di Kementerian Kesehatan dicapai kesepakatan untuk diberikan penghargaan kepada: 177 Kabupaten/Kota yang telah lolos verifikasi dokumen dan verifikasi lapangan; 6 (enam) provinsi sebagai Tim Pembina Provinsi terbaik; dan 3 (tiga) orang sebagai influencer yang berdedikasi dalam penyelenggaraan KKS di tingkat provinsi.

Sulawesi Utara pun menjadi perhatian karena menempatkan 4 wakilnya untuk 5 kategori penghargaan, dan di 3 penghargaan wakil Sulut menjadi bagian dari penerima yang diberikan penghargaan secara simbolis.
Pertama, kategori penghargaan baru pada Tahun 2019 yang diberikan kepada influencer atau orang-orang yang berdedikasi dalam penyelenggaraan Kabupaten/ Kota Sehat di tingkat Provinsi salah satunya adalah Jenne Mandu (ASN Dinkes Sulut).
Kedua, dari 13 Tim Pembina KKS Provinsi yang mengusulkan dokumen untuk diverifikasi oleh Tim Verifikasi Pusat, didapat hasil 6 (enam) Provinsi sebagai Tim Pembina KKS Provinsi Terbaik dan Tim Pembina KKS Provinsi Sulawesi Utara; menjadi salah satu penerima penghargaan.
Kedua kategori penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Kesehatan, Terawan kepada masing-masing peraih peghargaan.
Dan Kabupaten Minahasa menjadi satu dari 29 Kabupaten/Kota penerima penghargaan kategori Swasti Saba Wiwerda. Wakil Sulut lainnya, Kota Bitung yang meraih penghargaan kategori Swasti Saba Wistara. Dimana kategori-kategori penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada masing-masing peraih penghargaan.
Penghargaan-penghargaan yang diraih Sulawesi Utara tersebut merupakan sukses yang dicapai daerah ini dibawah kepemimpinan Gubernur, Olly Dondokambey dan Wagub, Steven Kandouw melalui program kerja Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan dalam rangkaian penyerahan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2019 yang digelar Sasana Bhakti Praja, Gedung C Kemendagri, Jakarta, Selasa (19/11/2019) dan turut dihadiri Gubernur, Bupati/Walikota peraih penghargaan. Penghargaan tersebut merupakan kolaborasi dan sinergi antara Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri untuk memberikan apresiasi terhadap Pemda yang berkomitmen dan berhasil menjadikan Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2019.
Dalam penyelenggaraan Kabupaten/Kota sehat, bahwa setiap dua tahun sekali akan diberikan penghargaan Swasti Saba bagi Kabupaten/Kota yang telah menyelenggarakan dan mengikuti verifikasi Kabupaten/Kota Sehat. Penyelenggaraan verifikasi Kabupaten/Kota tahun 2019 telah dilaksanakan pada bulan Mei-Oktober 2019 di 202 Kabupaten/Kota pada 29 Provinsi dan menghasilkan peraih pengharagaan sebagaimana disebutkan di atas.

Komentar