PDP Meninggal di RSPK Dinyatakan Positif Covid

Oleh: Ronald Ginting

Sulut Times, Manado – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulawesi Utara memperbarui data kasus covid di bumi nyiur melambai. Di mana pada hari ini ada 79 penambahan kasus positif terbaru.

Di antara ke-79 kasus terbaru itu, ada dua kasus yang sudah meninggal. “Hari ini juga ada dua kasus meninggal yakni kasus 397 dan kasus 469. Akumulasi yang meninggal sudah 45 orang,” ungkap dr Steaven Dandel, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulut, Sabtu (6/6).

Kata Dandel, kasus 397 itu ialah laki-laki 80 tahun asal Minahasa KERT kasus 151, dan sudah meninggal 25 Mei 2020. Sementara kasus 469 ialah laki-laki 52 tahun asal Manado PDP di RS Manado. Meninggal Dunia tanggal 1 Juni 2020.

Ketika ditanyakan apakah kasus 469 itu terkait dengan persoalan di RS Pancaran Kasih (RSPK) pada 1 Juni lalu, Dandel pun membenarkan pertanyaan tersebut. “Iya konfirm,” katanya melalui pesan singkat kepada Sulut Times, Sabtu (6/6) malam.

Dandel memaparkan pasien itu memiliki sejumlah penyakit penyerta atau komorbid. Salah satunya yaitu pneumonia.

“Keluarga dan semua yang pernah memegang dan mengangkat jenazah pasien tersebut, akan langsung dilakukan Swab PCR dan tidak lagi dilakukan rapid test,” jelasnya.

Menurutnya, pengambilan swab akan dilaksanakan besok pukul 09.00 WITA.

Diketahui, kasus 1 Juni ini heboh dikarenakan sejumlah massa memaksa masuk untuk membawa jenazah pasien tersebut. Jenazah pun dimakamkan tidak menggunakan protokol covid-19. (gtg)

Jangan Lupa di Bagikan !

Author: Ronald Ginting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *