Penambahan Konstan Dua Digit, Kasus Covid Sulut Bisa Tembus 1.000 Pekan Ini

Oleh: Ronald Ginting

Sulut Times, Manado – Kasus positif di Sulawesi Utara sudah mencapai 808 hingga hari ini. Bahkan tren penambahannya pun terus stagnan 20-an kasus perharinya.

Saat ditanyakan ke Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel, apakah tren ini akan menjadikan kasus covid di bumi nyiur melambai dapat menembus 1.000 kasus, Dandel mengiyakannya. Dandel memperkirakan angka 1.000 kasus bisa terjadi pada Jumat atau Sabtu, pekan depan.



“Kalau konstan penambahannya seperti beberapa hari terakhir ini, sekitar Jumat atau Sabtu pekan mendatang, angka kasus covid di Sulut mencapai 1.000,” papar Dandel saat video conference, Sabtu (20/6) malam.

Disebutkan Dandel, ada kabar baiknya terkait dengan tren penambahan kasus ini, di mana mulai adanya tanda penjauhan penggandaan kasus. “Sekarang ini kan penggandaannya terjadi kurun waktu 14 hari, sebelumnya di bawah itu. Kita berharap supaya semakin jauh doubling tersebut, maka angka penambahannya akan menurun juga,” terangnya.

Disebutkannya juga bahwa angka reproduksi efektif (Rt) di Sulut masih cukup tinggi, di mana satu kasus bisa menjangkiti sejumlah orang. Makanya hal ini diperlukan kontaimen yang optimal.

“Hari ini saja bisa terlihat ada enam orang yang terjangkit dari kasus 250, tapi kontaimennya sudah cepat. Sekarang ini proses itu yang perlu semakin dioptimalkan,” ujarnya lagi.

Selain itu, diperlukan kedisplinan masyarakat untuk benar-benar menjalankan isolasi mandiri. “Komitmen inilah yang akan mempercepat penurunan kasus positif,” tukasnya. (gtg)

Jangan Lupa di Bagikan !

Author: Ronald Ginting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *