PPDB Daring Kurang Peminat, SMPN 6 Tondano Buka Jalur Pendaftaran Manual

Sulut Times, Minahasa – Terdapat sejumlah jalur yang bisa dilalui dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020. Pada beberapa daerah, PPDB 2020 sudah mulai digelar semisalnya di SMP N 6 Tondano.

Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Tondano, Joula Dorkas Adam mengatakan jalur PPDB yang dipilih peserta didik Terdapat empat jalur PPDB 2020, yakni jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua atau wali, dan jalur prestasi.

Sejauh ini disituasi pandemi Covid-19 baru sekitar 24 calon siswa yang mendaftar baik secara online maupun Secara manual dengan mengikuti protap Pencegahan Covid-19.

Baca Juga : SMA N2 Manado Terapkan Gerakan Literasi Sekolah

Ia juga menerangkan syarat tiap jalur menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 44 Tahun 2020 tentang PPDB Pada TK, SD, SMP, SMA dan SMK.

Jalur zonasi ditetapkan berdasarkan domisili peserta didik dan sekolah. Artinya, sekolah bakal diprioritaskan bagi siswa dengan domisili terdekat.

Ketentuan domisili dibuktikan lewat alamat pada kartu keluarga yang diterbitkan paling singkat satu tahun sejak pendaftaran PPDB.

Baca Juga : SMPN 5 Manado Tunjang Literasi Tingkatkan SDM Siswa

Peserta PPDB yang memilih jalur zonasi juga bisa melakukan pendaftaran jalur afirmasi atau jalur prestasi di luar wilayah zonasi domisili.

Tiap sekolah diharuskan menerima paling sedikit 50 persen dari daya tampung melalui jalur zonasi. Penetapan wilayah zonasi dilakukan masing-masing pemerintah daerah.

Jalur afirmasi diperuntukkan bagi siswa dari keluarga ekonomi tidak mampu. Siswa yang mendaftar lewat jalur ini bisa memilih sekolah di dalam maupun luar wilayah zonasi domisili.

Baca Juga : Besok, Pengumuman Kelulusan Siswa SMA/SMK

“ Untuk itu, sekolah dan pemerintah daerah juga diwajibkan melakukan verifikasi data keikutsertaan dalam program keluarga tidak mampu, dan melihat kondisi keluarga siswa di lapangan. Tiap sekolah harus menerima paling sedikit 15 persen dari daya tampung melalui jalur afirmasi.” kata Kepsek.

Siswa yang mendaftar lewat jalur perpindahan tugas orang tua atau wali harus menyertakan surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor atau perusahaan orang tua.

Baca Juga : Juara Umum Jambore Kader PKK Se-Sulut “Milik” Tim PKK Kota Bitung

“ Selain untuk siswa perpindahan orang tua atau wali, jalur ini juga bisa digunakan untuk anak guru,” Tukasnya.

Jalur prestasi dapat ditempuh menggunakan nilai ujian sekolah atau ujian nasional, dan hasil perlombaan atau penghargaan di bidang akademik atau non akademik.

“ Karena ujian nasional ditiadakan tahun ini, siswa bisa menggunakan nilai ujian sekolah atau akumulasi nilai rapor,” Pungkasnya.

Jangan Lupa di Bagikan !

Author: Ryan T

Edukasi Aktual Terpercaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *