612 views

Tambang Mitra Panas dan Mencekam

Sulut Times, Mitra : Minggu (14/06/2020), suasana di Kecamatan Ratatotok Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) memanas dan mencekam.

Berdasarkan informasi yang di peroleh dari Kepala UPTD Kebun Raya Megawati Arnold Tambuwun. Saat ini suasana masih memanas, namun kedua kelompok yang bertikai berhasil di jaga ketat para petugas keamanan baik dari unsur Polri maupun TNI serta Pemerintah Kecamatan.

Situasi saat ini di Ratatotok masih sementara memanas, kedua kelompok bertikai antara Tombatu dan Tompaso Baru sementara di jaga ketat pihak keamanan.

“Sementara ini saya belum bisa membe rikan komentar lebih, dikarenakan antara dua kelompok ini masih di jaga pihak keamanan. Namun antar dua kelompok penambang kami belum tahu jelas apa persoalan pertikaian tersebut,” ujar Tambuwun.

Kami bersama pihak pemangku kewenangan belum bisa memberikan kepastian akibat terus memanasnya situasi sekarang ini.

“Saya sementara ada di tempat kejadian, jadi saya tidak bisa berkomentar lebih. Karena saat ini sementara dalam keadaan memanas,” tuturnya lewat Via Telepon Whatsapp.

Meski dengan Personil seadanya, saat ini pihak kepolisian masih bisa mengamankan serta berjaga-jaga dikarenakan situasi terus memanas di Ratatotok.

Pihak keamanan sementara ini masih melakukan negoisasi antara dua belah pihak yang bertikai agar mengembalikan situasi menjadi kondusif.

Ditambahkan Kepala UPTD bahwa, dengan personil seadanya saat ini, dikerahkan untuk berjaga mengamankan suasana yang terus memanas.

“Personil yang ada, masih bisa memadai saat ini. Kita berjaga, bila mana adanya pertikaian hebat yang bisa memicu suasana. Untuk itu, akses masuk dijaga ketat dari amukan kedua kelompok yang bertikai masalah tambang,” tandasnya.

Tambuwun mengatakan, Senin 15 Juni 2020, akses masuk kebun raya bakal ditutup.

“Besok kita tutup total akses masuk wilayah kebun raya. Memang ada perbaikan jalan diruas masuk wilayah ini. Mereka sangat terganggu dengan aktifitas penambang selama pengerjaan yang brutal oleh para penambang,” ungkap Arnold.

Ia berharap, agar pemerintah bisa bersama-sama menyelesaikan permasalahan yang terjadi di wilayah kebun raya saat ini.

“Memang kita butuh bantuan personil kepolisian lengkap dari Polda Sulut. Itu bila ingin melakukan penertiban betul-betul. Karena saat ini, aktifitas para penambang, masih ramai baik didalam lokasi kebun raya dan luar kebun raya. Kami minta, hal ini bisa menjadi perhatian serius,” pungkas Tambuwun.

Sementara itu, Kepala Kepolisian (Kapolsek) Ratatotok IPTU Stanly Korua saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sementara melakukan pengamanan.

“Sementara ini, kita lakukan pengaman bersama masyarakat. Nanti akan diinformasikan lagi,” singkat Kapolsek Ratatotok.

Jangan Lupa di Bagikan !

0 0

Author: Toar Koka

1 thought on “Tambang Mitra Panas dan Mencekam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *