Gubernur Sulut Serahkan Sertifikat Tanah Bagi Eks Transmigran di Bitung

Sulut Times, Bitung: Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey Rabu (08/07/2020) secara simbolis menyerahkan sertifikat tanah bagi ratusan eks pengungsi di Kota Bitung.

Secara simbolis, Gubernur Sulut menyerahkan sertifikat tanah kepada eks transmigran. Foto: Ist


Disaksikan Sekretaris Daerah Provinsi Sulut, Edwin Silangen dan Wakil Walikota Bitung, Maurits Mantiri dan dan Kakanwil BPN Sulut Fredi Kolintama, Gubernur menyerahkan sertifikat tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) bagi eks transmigran penempatan tahun 2003 di Danowudu sebanyak 180 buah dan 150 buah bagi eks pengungsi kerusuhan Maluku Utara dan Wangurer tahun penempatan 2004.


Dondokambey selaku Ketua Gugus Tugas Reformasi Agraria Sulut yang tetap memperhatikan kesejahteraan masyarakat, mengapresiasi dukungan pemerintah pusat dalam proses sertifikasi tanah untuk eks transmigran.
Dondokambey pun berharap agar para eks transmigrasi dapat memanfaatkan sertifikat untuk mensejahterakan keluarganya.
Seperti dirangkum media ini, proses sertifikat tanah tersebut sesuai petunjuk dan Gubernur Sulut agar terus dikawal oleh instansi terkait yaitu Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Tahapan pembuatan sertifikat dikawal terus oleh Disnakertrans Sulut. Foto: Ist


Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulut, Erny Tumundo yang dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.
” Kepedulian Gubernur Sulut, Olly Dondokambey kepada masyarakat sangatlah tinggi sehingga kami diinstruksikan untuk mengawal semua proses sehingga segera diterbitkannya sertifikat,”ujar Tumundo.
Dijelaskan Tumundo sebelum dilakukan pengsertifikatan maka telah dilakukan Inventarisasi Pemilikan Lahan dan Pengukuran tata batas oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulut di tahun 2019.
“Setelah semua dokumen selesai maka Disnakertrans Sulut tak menunda-nunda dan langsungmenyerahkan dokumennya kepada Pemerintah Kota Bitung dan Badan Pertanahan Kota Bitung untuk diproses lanjut. Dan tak sampai setahun, tekad dan kepedulian pak Olly Dondokambey bagi warga eks transmigran pun dapat terealisasi,”tandas Tumundo.

Jangan Lupa di Bagikan !

0 0

Author: Caesar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *