133 views

Sulut Pioner Perlindungan Awak Kapal Perikanan di Indonesia

Sulut Times, Manado: Kepedulian pemimpin daerah Sulawesi Utara, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw melalui program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) termasuk di dalamnya melindungi awak kapal perikanan telah melambungkan nama Sulut di kancah nasional bahkan internasional.
Hal ini dibuktikan dengan dipercayainya Sulawesi Utara menjadi bagian dalam sebuah Workshop bertaraf internasional yang dihelat oleh Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia dan International Labour Organization Senin (06/07/2020).
Dan srikandi ketenagakerjaan Sulawesi Utara, Erny Tumundo dipercayakan untuk menjabarkan program ODSK yang di dalamnya turut peduli dan melindungi keberadaan awak kapal perikanan.

Disaat pandemi Covid-19, Gubernur Sulut pun aktiv membantu para nelayan. Foto: Ist

Menurut Asisten Deputi Keamanan dan Ketahanan Maritim, Basillio Araujo, program kepedulian Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur, Steven Kandouw tersebut seiring sejalan dengan tekad Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia dan International Labour Organization dalam memerangi perdagangan manusia serta kerja paksa di sektor perikanan.
Lebih lanjut Araujo menegaskan bahwa akhir tahun 2019, Pemerintah Indonesia dan Thailand telah menyetujui hasil rekomendasi Konferensi Inspeksi Ketenagakerjaan Asean ke-8 tentang Pengamanan Pekerja Sektor Perikanan. Untuk itu melalui workshop yang digelar secara vitual dan diikuti oleh beberapa pihak terkait dari Indonesia, Thailand dan International Labour Organization. Dimana pembicaranya adalah Selwyn Bailey dari South Africa Marine Security Agency dan dari Kementerian Tenaga Kerja Portugal, Teresa Pargana.

Erny Tumundo selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulut saat menjadi narasumber workshop taraf internasional. Foto: Ist

Berbagai isu terkait kapal nelayan, kondisi hidup dan bekerja di atas kapal pun dibahas dalam warkshop tersebut.
Sementara itu, Tumundo melalui presentasi yang diawali pemutaran film pendek yang turut mempromosikan keindahan wisata di Sulawesi Utara, tampil begitu lugas memaparkan hal-hal yang diterapkan dalam melindungi awak kapal perikanan dan membuat peserta workshop bertajuk ‘the virtual workshop in port state inspection on living and working condition of fishing vessels’ terkesima dan salut atas gebrakan yang dicetuskan Olly Dondokambey-Steven Kandouw sebagai pemimpin daerah yang peduli pada rakyatnya sehingga apa yang telah diperbuat demi kesejahteraan rakyat tersebut membawa Sulut sebagai Pioner Perlindungan Awak Kapal Perikanan.

Jangan Lupa di Bagikan !

0 0

Author: Caesar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *