173 views

Tim Pora Tingkat Kecamatan Ujung Tombak Pengawasan WNA

Suluttimes.com, AIRMADIDI – Tim pengawasan orang asing (Tim Pora) antara lain terdiri dari unsur Kepolisian, TNI, Kejaksaan, Disdukcapil, Disnaker, Bea Cukai, Dishub, Pemerintah Daerah, termasuk di tingkat Kecamatan yang baru dikukuhkan dan dibuka langsung Sekda Minut Ir Jemmy Kuhu mewakili Bupati.

Tim Pora tingkat Kecamatan menjadi garda terdepan, bahkan ujung tombak pengawasan. “Tim Pora tingkat Kecamatan menjadi ujung tombak, sebab di wilayah Kecamatan ada Polsek, Koramil selaku aparat menurut hemat kami paling tahu tentang keberadaan seseorang di wilayahnya, termasuk seluruh masyarakat ikut terlibat dalam fungsi pengawasan,” sebut Kadiv Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Kum-HAM Sulut, Ganda Samosir dalam acara rakor tim pora dalam tatanan normal baru yang berlangsung di RM KNT, Minut, Jumat (17/07/20).

Samosir menjelaskan, pengawasan orang asing telah dilakukan sejak orang asing mendatangi Kedutaan Besar RI, untuk mengajukan permohonan visa atau izin memasuki wilayah Indonesia. “Pengawasan saat ia masuk atau tiba di wilayah Indonesia. Ini juga salah satu tanggungjawab institusi imigrasi,” katanya.

Lanjutnya, dibentuknya Tim Pora tingkat Kecamatan merupakan titik awal untuk bersinergai menjaga kondusifitas di daerah, khususnya di Kabupaten Minahasa Utara. ”Tujuan dibentuknya Tim Pora adalah sarana tukar menukar informasi dan inventarisasi pengawasan terhadap orang asing,” imbuhnya.

Sementara Kaban Kesbangpol Minut, Forsman Dandel SSos
menegaskan kehadiran WNA maupun investasi asing memang sangat dibutuhkan sepanjang membawa manfaat bagi pembangunan di daerah. Namun dampak negatifnya juga harus diwaspadai, sehingga keberadaan WNA perlu mendapat perhatian semua pihak. “Lintas koordinasi antar instansi sangat penting sesuai tupoksi masing-masing,” timpal Dandel, sembari menambahkan kehadiran Tim Pora sebagai wadah tempat tukar-menukar informasi sehubungan dengan perlintasan, keberadaan dan kegiatan orang asing di Kabupaten Minut. (st/dw)

Jangan Lupa di Bagikan !

0 0

Author: Dewi S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *