KPU Minut Tindaklanjuti Temuan Bawaslu

Suluttimes.com, AIRMADIDI – Rakor Komisioner KPU Kabupaten Minahasa Utara (Minut) bersama jajaran Bawaslu berlangsung, Senin (24/08/20).
Pertemuan ini disebutkan Ketua Divisi Perencaan, Data dan Informasi, Dikson Lahope guna menindaklanjuti temuan Bawaslu RI terkait data Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih.

Dikatakan Lahope, temuan ini tertuang dalam surat No. SS-0442/K.bawaslu/PM00.00/8/2020 berisikan hasil pengawasan dan saran perbaikan Coklit. Halnya surat No.SS-0458/K.BAWASLU/PM.00.00/8/2020 perihal hasil pengawasan.

Selanjutnya KPU memberikan klarifikasi atas temuan tersebut dengan menayangkan langsung data pemilih yang menjadi sumber laporan, sekaligus membedah by name by adress sebagaimana temuan Bawaslu.
“Kami mengapresiasi kinerja Bawaslu, temuan ini sangat membantu dalam mengawasi setiap tahapan. Karena KPU juga bukan lembaga yang sempurna, bisa saja ada yang terlewatkan,” sebut Ketua Divisi Perencaan, Data dan Informasi, Dikson Lahope.

Sebagaimana dijelaskan Lahope kepada sejumlah wartawan, dalam rapat koordinasi, KPU dan Bawaslu Minut sudah melakukan kroscek dan klarifikasi terkait temuan Bawaslu RI. “Temuan Bawaslu adanya 43 pemilih pemula yang tidak terdaftar dalam A-KWK, 13 pemilih yang belum berusia 17 tahun namun sudah menikah, 18 pemilih khusus pada pemilu 2019 yang tidak ada dalam A-KWK, serta 4 pemilih satu keluarga yang berbeda TPS. Laporan ini sudah ditindaklanjuti,” terang Laope.

Lanjutnya, KPU dalam setiap tahapan Pemutakhiran data sudah sesuai petunjuk teknis (juknis). Jika ada pemilih yang tidak terdaftar dalam form A-KWK, artinya pemilih tersebut tidak terdaftar dalam DP4 yang diserahkan oleh kemendagri, khusus DPT pemilu terakhir. Untuk itu, kami berterima kasih atas kinerja Bawaslu sehingga temuan ini secepatnya dikoreksi. Biarlah sinergitas antara Bawaslu dan KPU tetap berkelanjutan, karena sangat diperlukan data pemilih yang valid, akurat dan objektif,” kunci Lahope. (st/dw)

Jangan Lupa di Bagikan !

0 0

Author: Dewi S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *