87 views

OTG, Penyidik KPK Novel Baswedan Terjangkit Covid-19

Oleh: Ronald Ginting

Sulut Times, Jakarta – Penyidik Senior KPK, Novel Baswedan, dinyatakan terpapar virus corona atau COVID-19. Novel pun mengamini jika dia positif terjangkit virus asal Wuhan, Tiongkok tersebut.

“Kemarin dilakukan tes swab terhadap seluruh penyidik KPK, karena ada penyidik yang positif. Hari ini saya dapat kabar bahwa hasil swab saya positif, sedangkan saya merasa sehat dan tanpa gejala. Insyaallah saya akan melakukan isolasi mandiri. Mohon doa,” cuit Novel lewat akun Twitternya, @nazaqistsha, Jumat (28/8/2020).

  1. KPK juga membenarkan Novel terpapar COVID-19

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri, turut membenarkan jika Novel dinyatakan positif terpapar COVID-19.

“Benar. Informasi yang kami terima, (Novel Baswedan) merupakan salah satu penyidik yang berdasarkan test swab diketahui positif corona,” kata Ali saat dikonfirmasi di Jakarta, hari ini.

Ali mengatakan, terhadap beberapa pegawai yang terpapar COVID-19, sudah dilakukan langkah-langkah mitigasi dengan isolasi mandiri.

“KPK juga telah berkoordinasi dan bekerja sama dengan layanan medis terdekat dari tempat tinggal pegawai untuk dilakukan pemantauan lebih lanjut dalam proses pemulihannya,” ucap Ali.

  1. Ada 14 orang di lingkungan KPK terpapar COVID-19

Sebelumnya, berdasarkan swab test yang dilakukan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Kemenkes, ditemukan belasan orang di lingkungan lembaga anti rasuah terpapar COVID-19.

“Ada sembilan pegawai dari beberapa unit direktorat di KPK, empat orang nonpegawai/OS dan satu orang tahanan dinyatakan positif terpapar COVID-19,” ujar Ali, Kamis 27 Agustus 2020.

Ali menjelaskan, saat ini telah dilakukan isolasi mandiri dan tindakan medis lanjutan bekerja sama dengan Puskesmas sekitar kediaman para pegawai yang terpapar.

“Untuk proses pemulihan terhadap para pegawai tersebut. Sedangkan untuk tahanan, telah dilakukan isolasi dan perawatan di RS Polri,” ucap Ali.

  1. KPK langsung menggelar swab test pada Kamis 27 Agustus

Ali menuturkan, guna meminimalisir penyebaran wabah COVID-19 di lingkungan KPK, pihaknya melalui poli klinik KPK dan RSPAD Gatot Subroto bertempat di Gedung Juang KPK pada Kamis, 27 Agustus 2020, kembali melakukan uji swab test PCR.

“Kepada pegawai KPK termasuk pula pegawai pada Direktorat Penyidikan Kedeputian Penindakan KPK,” tuturnya.

Selain itu, KPK juga telah menyemprotkan disinfektan di ruang-ruang kerja pada direktorat penyidikan, ruang kerja lainnya di gedung Merah Putih KPK, gedung ACLC, serta memastikan protokol kesehatan tetap dipatuhi oleh seluruh pegawai KPK. (gtg)

Jangan Lupa di Bagikan !

0 0

Author: Ronald Ginting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *