164 views

Sulut Miliki 3 BLK Komunitas

Sulut Times, Manado : Pemerintah Provinsi Sulut terus berperan aktif dalam mempercepat peningkatan kompetensi SDM, dan memanfaatkan program pembangun BLK Komunitas, kini telah ada 3 balai latihan kerja di daerah Nyiur Melambai.
Seperti dijelaskan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulut, Erny Tumundo Selasa (04/08/2020) malam, bahwa program bantuan BLK Komunitas dengan menggandeng lembaga keagamaan, seperti GMIST, Sekolah Alkitab dan Pesantren.

” Di Sulut sejalan dengan program pemerintah, dan kepedulian Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur, Steven Kandouw sudah ada 3 BLK Komunitas yaitu, di Sangihe lewat yayasan GMIST; di Langowan Kabupaten Minahasa lewat Sekolah Alkitab dan di Kabupaten Bolmong lewat pesantren Al Luthfi,”ujar Tumundo.

BLK Komunitas adalah suatu unit atau fasilitas pelatihan vokasi yang didirikan di lembaga keagamaan seperti pondok pesantren, seminari, dhammasekha, pasraman, dan komunitas lainnya. BLK ini berfungsi untuk menyelenggarakan pelatihan kompetensi/keahlian guna memberikan keterampilan kerja kepada siswa dan komunitas masyarakat di sektiar lembaga, sesuai dengan kebutuhan dunia kerja atau mendorong untuk berwirausaha.

Lebih lanjut Tumundo menegaskan bahwa dalam program bantuan ini, lembaga atau yayasan mengajukan proposal dengan persyaratan yayasan atau lembaga tersebut bersedia menyiapkan tanah minimal 300 m2 yang sah alias bersertifikat atas nama yayasan /lembaga tidak boleh perorangan. Jika proposal disetujui, maka bangunan dan peralatan akan disiapkan oleh Pemeirntah Republik Indonesia melalui Kemnaker.

Pada Selasa (04/08/2020), peluncuran program ini ditandai dengan ditandatanganinya Perjanjian Kerja Sama antara Ditjen Binalattas Kementerian Ketenagakerjaan dengan 10 orang perwakilan penerima bantuan di Kantor Kemnaker, Jakarta, hari Selasa (4/8/2020). Untuk tahap I, program BLK Komunitas mencakup pembangunan 100 lembaga dari total target 1.000 lembaga.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, yang menyaksikan penantanganan Perjanjian Kerja Sama menjelaskan bahwa BLK Komunitas merupakan terobosan dari Presiden Joko Widodo sejak tahun 2017. Trobosan ini bertujuan untuk melengkapi soft skill dan pendidikan karakter di lembaga pendidikan keagamaan dengan tambahan keterampilan atau hard skill. Pendirian BLK Komunitas adalah upaya meningkatkan sebaran lembaga pelatihan kerja, serta mendekatkan akses pelatihan kepada masyarakat atau komunitas.
“Diharapkan dengan hadirnya BLK Komunitas, maka santri dan siswa lembaga pendidikan keagamaan serta masyarakat di sekitarnya, mendapatkan akses pelatihan kerja yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja lokal,” ujar Menaker Ida.

Jangan Lupa di Bagikan !

0 0

Author: Caesar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *