Survei IPI: Citra Peduli Rakyat VAP Unggul dari Petahana

Suluttimes.com, AIRMADIDI – Rilis survei Indeks Politik Indonesia (IPI) menemukan tiga calon gubernur masih menjadi favorit di Sulawesi Utara sesuai hasil lembaga riset dan konsultan beberapa pekan di bulan berjalan 15-25 Agustus 2020, yakni Petahana Olly Dondokambey (OD) 41,8%, disusul Bupati Minut Vonny A Panambunan (VAP) 29,2%, dan Bupati Minsel Christiany E Paruntu (CEP) 11 %. Sementara yang belum menjatuhkan pilihan sebesar 18%.

Manager Riset IPI Muhammad Anwar menuturkan, OD sangat berpotensi dikalahkan, apalagi bila terjadi head to head di Pilgub Sulut. “Olly Dondokambey sangat berpotensi dikalahkan pada Desember nanti dan yang berpotensi mengalahkan yakni Vonny Panambunan, calon gubernur yang didukung oleh Partai NasDem,” sebut Anwar dalam rilis survei di Jakarta sore tadi.

Menurut Anwar, kalau diperhatikan, dukungan terhadap petahana makin turun. “Pemicunya yakni masalah evaluasi kinerja. Hasil survei kami, hanya 40% warga Sulut yang menganggap kinerjanya baik. Selain itu, petahana kalah di citra personal calon. Warga Sulut melihat Vonny Panambunan lebih baik pada citra peduli rakyat dan dianggap lebih jujur,” tegasnya.

Anwar menjelaskan, temuan survei IPI, bila simulasi head to head OD vs VAP, jarak keduanya makin tipis, hanya 6%. “Selisih yang sangat tipis itu, secara psikologi akan mempengaruhi pemilih yang belum menentukan pilihan sebesar 22%. Situasi ini tidak aman bagi petahana, jika 4 bulan sebelum hari H, selisih dari penantangnya di bawah 10%,” urai Anwar.

Lanjut Anwar, jika para penantang bersatu dan membentuk koalisi besar, ditambah VAP sebagai calon, bakal lebih mudah mengalahkan petahana. (st/dw)

Jangan Lupa di Bagikan !

Author: Dewi S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *