Pemprov Apresiasi Program PEN Pemerintah bagi Masyarakat Sulut

Oleh: Ronald Ginting

Sulut Times, Manado – Sejak pandemi covid-19 melanda Indonesia, dan khususnya Sulawesi Utara, berdampak besar bagi perekonomian masyarakat dan daerah. Perusahaan pun tak ayal banyak yang melakukan PHK tenaga kerja, dan merumahkan naker tanpa diberikan upah.

Bukan hanya sektor formal, dan informal juga terdampak. Terlebih dunia pariwisata terkontraksi hingga 50% walau masih ada tujuh sektor lain yang ketar ketir.

“Kenapa pariwisata? Karena pada 2019 saat dibukanya berbagai sarana dan prasarana untuk penerbangan langsung ke luar negeri, Sulut sempat menjadi rising star Indonesia,” kata Pjs Gubernur Sulawesi Utara Agus Fatoni melalui Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulut Erny Tumundo, di pembukaan Sosialisasi Program Kerja Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM, hari ini.

Dikatakan Erny bahwa Pemerintah Provinsi Sulut mengapresiasi Pemerintah Pusat yang menjalankan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) guna memulihkan juga ekonomi daerah. PEN mengalokasikan kartu prakerja, Bantuan Subsidi Upah, dan bantuan bagi UMKM di Sulut sehingga meskipun PE Triwulan II 2020 terkoreksi hingga -3,89%, tapi PE semester I 2020 bertumbuh 0,38% yang berada di atas PE nasional.

“PEN dari pemerintah pusat berdampak baik bagi masyarakat Sulut. Contohnya yang mengikuti kartu prakerja ini mencapai 83.127 penerima dan besaran insentif yang beredar di masyarakat berjumlah Rp37 miliar. Ini tentu saja berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Sulut,” papar Erny.

Dia bilang bahwa Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara akan selalu berkomitmen untuk terus berkarya dengan baik, berinovasi, dan dengan melakukan lompatan-lompatan peningkatan ekonomi.

“BI dan BPS memprediksi tahun 2021, ekonomi Sulut tumbuh 5 hingga 6%. Untuk mewujudkannya diperlukan juga campur tangan pemerintah pusat terlebih lewat program PEN. Kami berharap kegiatan Kemenko Perekonomian dapat mendatangkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Nyiur Melambai,” pungkasnya. (gtg)

Jangan Lupa di Bagikan !

Author: Ronald Ginting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *