oleh

Semarak Peringatan HUT RI ke-76 di Pretoria

Sulut Times, Johannesburg: Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-76 di KBRI Pretoria Afrika Selatan tahun ini dilaksanakan sedikit berbeda daripada tahun sebelumnya.
Di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda, Peringatan HUT RI ke-76, Selasa tanggal 17 Agustus 2021 diselenggarakan secara sederhana dan khidmat dengan mematuhi protokol kesehatan ketat yang ditetapkan oleh Pemerintah Afrika Selatan.
Walaupun ada keterbatasan akibat adanya pandemi Covid-19, namun tidak mengurangi kekhidmatan upacara peringatan detik-detik proklamasi di KBRI Pretoria yang diselenggarakan tepat pukul 10.00 waktu Afrika Selatan di lapangan tennis KBRI Pretoria, dimana Duta Besar Salman Al Farisi bertindak sebagai Inspektur Upacara memimpin upacara diikuti oleh seluruh staf KBRI Pretoria, Kantor Atase Pertahanan RI, ITPC Johannesburg, Dharma Wanita Persatuan (DWP), dan undangan terbatas untuk perwakilan WNI serta diaspora Indonesia yang tinggal di sekitar Johannesburg, Pretoria, bahkan juga dari Limpopo, sekitar 5 jam perjalanan dari Pretoria.

Baca Juga  Kali Ke-2, Parade Pangan Lokal Minut Sita Perhatian Masyarakat


Selain itu, bagi WNI yang tidak bisa menghadiri upacara HUT RI ke-76, KBRI Pretoria menayangkan liputan secara virtual yang dapat diikuti melalui akun Youtube milik KBRI.
Kegiatan peringatan HUT RI-76 tahun ini juga diisi dengan penganugerahan Tanda Kehormatan SatyaLancana Karya Satya 30 tahun kepada sosok Mantan Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Utara, Suprianda Ruru yang telah mengabdi selama 32 tahun di Kementerian Luar Negeri RI.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata Sulut (kiri) yang kini bertugas di KBRI Pretoria saat menerima Tanda Kehormatan SatyaLancana Karya Satya 30 tahun. Foto: Ist


Perayaan HUT RI ke 76 di Afrika Selatan diisi dengan sajian kuliner tradisional seperti tumpeng komplit, bakwan malang, dan jajanan tradisional seperti bubur kampiun menambah semangat peringatan HUT RI tahun ini menjadi semakin meriah. Selain itu, kegiatan dilanjutkan dengan aneka lomba untuk anak-anak dan dewasa, salah satunya untuk kategori anak menyayikan lagu perjuangan. Tidak ketinggalan pula pembagian doorprize yang menambah suasana menjadi semakin semarak.


Di penghujung acara peringatan HUT RI-76, kegiatan ditutup dengan tarian Yerusalema yang dibawakan oleh seluruh anggota DWP KBRI Pretoria, tarian Yerusalema yang ditampilkan dikombinasikan dengan perpaduan gerak Afrika Selatan dengan memasukan nuansa Nusantara sehingga memukau orang yang melihatnya.

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar