Baginda, Wartawan Tidak Tahan Emosi Akhirnya Berujung Ke Kepolisian

SULUTTIMES.COM, Bitung — Postingan dari seorang wartawan sampai bergulir di Polres Kota Bitung sehingga menjadi polemik di kalangan jurnalistik, wartawan Don yang merasa korban melaporkan JG di Polres terkait.

Dalam hal ini Awak media, bertanya bagaimana dengan wartawan tersebut kalau dibiarkan sehingga wartawan tersebut JG masi tetap melakukan postingan hal yang serupa apakah tidak ada efek jerah, dirinya menyingkatkan, “Ini tergantung dari pelapor Don apakah akan terus mengajukannya, ” sebutnya, Rabu (15/09/2021).

Dalam keterangan, Darma Baginda terkait wartawan agar ada efek jerah, diduga terkait postingan berita tersebut dirinya menjawab, “Wartawan-wartawan banyak masi muda belum bisa menahan emosi, temperaturnya tinggi tidak bisa mengendalikan diri makanya ini harus ada pembelajaran bagi wartawan seperti itu, artinya harus kunya dulu jangan dulu ditelan ketika menyimak bahan berita tersebut, akhirnya berurusan dengan Kepolisian, ” tuturnya.

Tak henti-hentinya, awak media bertanya kepada pemerhati Pers Kota Bitung Darma Baginda sebagaimana wartawan yang tidak mempunya analisa yang tinggi dalam pemberitaan, yang dapat mencelakakan diri mereka dengan ini akan ada efek jerah diduga dalam pemberitaan dikarenakan tidak mengacu ke UUD Pers terkait kode etik Jurnalis dalam hal ini Baginda meng iyakan ketika ditanya awak media.

Terpisah, Untuk itu, Don menegaskan, dirinya sengaja menempuh jalur hukum agar ini bisa menjadi pembelajaran. diduga Jamal selama ini terinformasi memang kerap menulis berita yang menyalahi aturan atau kode etik,” sebutnya, dilansir dari Manado Post.

Don juga menyebutkan, pada kesempatan itu, Adrian pun menegaskan, PWI Sulut siap memberikan bantuan dan pendampingan terhadap Don yang juga merupakan anggota PWI.

“Silahkan menyurat resmi, kami berjanji pasti akan mempelajari dan menindaklanjuti polemik ini,” tandasnya.

Menurut Don, Jamal sendiri ketika dikonfirmasi, masih yakin tulisannya bisa disebut karya jurnalistik.

“Apakah karya jurnalis bisa dipidanakan?” singkatnya, Dilansir dari Manado Post.

Penilaian awak media dalam wawancara dengan Darma Baginda sampai tergeleng-geleng kepala, merasa hal yang ane. Iming mukanya menyesali akan hal pemberitaan tersebut.

Pemberitaan ini sudah sesuai yang direkaman oleh awak media dari nara sumber tersebut. Oleh Tim PWOIN Kota Bitung.

Jangan Lupa di Bagikan !

Author: Ferry Mamangkey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *