oleh

Cerita Tjahyani Mitra Binaan Pertamina, Bertahan dan Berinovasi di Masa pandemi

Sulut Times, Manado : Pandemi Covid-19, hampir meruntuhkan Ekonomi Dunia tak terkecuali Indonesia,.Namun seiring berjalannya waktu di awal tahun 2020 Pandemi Covid-19, telah membuat usaha kerajinan tangan berdampak buruk akibat adanya pembatasan-pembatasan dari pemerintah, Mulai dari Lockdown hingga kini PPKM dengan adanya syarat level 1 sampai 4 untuk memutus rantai Covid-19.

Tjahyani yang seorang Mitra Binaan dari UMKM Pertamina sendiri mengaku di masa  pandemic ini sangat sulit untuk memasarkan produknya

“Selama pandemic ini beberapa kali tidak ada penjualan, untung-untung ada yang membeli aksesoris walaupun jumlahnya sangat sedikit. Kami pun terus berinovasi dan terus mengembangkan ide-ide untuk menarik minat pelanggan .’ujarnya 30/10/21 saat diwawancarai lewat whatsup.

Baca Juga  Kasus Covid Asal Manado Masih Terus Bertambah

Baca Juga :

Tjahyani sendiri sangat berharap agar pandemic ini segera berakhir, dan bisa mengembangkan usaha kerajinan tangannya seperti sedia kala

“Memang pandemic ini belum tahu kapan akan segera berakhir, namun saya optimis pasti akan segera kita lewati dengan menerapkan protocol Kesehatan ditambah juga dengan vaksinasi dosis lengkap,” pungkasnya

Sebelumnya kerajinan milik pengusaha asal Manado ini telah dipamerkan di beberapa negara besar seperti Jepang, Italia dan Rusia.Tjahyani Mitra Binaan juga berterima kasih atas support dari Pertamina sendiri yang sudah membantu memberikan pelatihan berupa digital marketing serta mengikut sertakan dalam  Pameran SMEXPO 2021 yang bisa memasarkan produk-produknya.

Salah satu Aksesoris Yannie handicraft yang berasal dari Kulit Pohon Yonggoli Papua dan Sisik Ikan Kakap

Sementara itu, Area Manager Communication, Relations & CSR MOR VII, PT Pertamina Patra Niaga* Subholding Commercial & Trading, Laode Syarifuddin Mursali mengatakan program Kemitraan Pertamina yang berfokus membina para UMKM dilakukan oleh Pertamina secara berkelanjutan sebagai upaya mendorong para UMKM binaan agar bisa naik kelas dan mengembangkan usahanya.

Baca Juga  2 Gempa Susulan Goyang Manado

UMKM Binaan Pertamina kami arahkan agar bisa terus suistain secara bisnis di tengah pandemi. Beragam pelatihan seperti bagaimana mampu memanfaatkan digital marketing pun kita lakukan agar UMKM binaan kita bisa beradaptasi dengan cepat dan menangkap peluang bisnis ditengah kondisi seperti ini. Kita harapkan UMKM Binaan Pertamina terus mampu naik kelas,” pungkasnya.

Komentar