oleh

Tumundo Sosialisasi Aturan Baru untuk UMP

Sulut Times, Manado: Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulawesi Utara, Erny Tumundo, mengatakan saat ini pihaknya melakukan sosialisasi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.
Hal tersebut disampaikan Tumundo saat rapat Dewan Pengupahan Provinsi, di aula dinas Selasa (26/10/2021).
“Sebagaimana di ketahui bersama bahwa Pemerintah telah mengeluarkan aturan baru untuk pengupahan dan tahap awal diperlukan sosialisasi dari peraturan turunan dari Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 Cipta Kerja, sebelum memberikan rekomendasi upah minimum provinsi (UMP) tahun depan oleh Gubernur Sulut bulan November nanti,”ujarnya.

Suasana rapat dewan pengupahan Sulut. Foto: Humas DisnakertranSulut


Penuturan senada juga disampaikan oleh Ketua Dewan Pengupahan Sulut, Ronny Maramis.
Maramis menambahkan dengan adanya penghitungan rumus sesuai regulasi sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan diperlukan data inflasi atau pertumbuhan ekonomi yang akan dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS).
Yang juga patut diperhatikan bahwa UMP ditetapkan dengan keputusan gubernur dan diumumkan paling lambat setiap tanggal 21 November tahun berjalan dan terhitung mulai tanggal 1 Januari tahun. berikutnya. Apabila jatuh pada hari libur, maka pengumuman dilakukan satu hari sebelumnya.
Yang dirangkum media ini, PP 36 tahun 2021 tentang Pengupahan membahas kebijakan dalam kebijakan pengupahan; penetapan Upah berdasarkan satuan waktu dan/atau satuan hasil; struktur dan skala Upah; Upah minimum; Upah terendah pada usaha mikro dan usaha kecil; pelindungan Upah; bentuk dan cara pembayaran Upah; hal-hal yang dapat diperhitungkan dengan Upah; Upah sebagai dasar perhitungan atau pembayaran hak dan kewajiban lainnya; dewan pengupahan; dan sanksi administratif.
Dalam rapat awal tersebut terungkap 19 November adalah batas maksimal untuk penetapan dan pengumuman UMP Sulut 2022. Sementara dengan batas atas Rp dan batas minimum Rp yang diperoleh dari rumusan peraturan baru masih dirahasiakan.

Komentar