Dr. Helfried Dukung Program Walikota di Bidang Perikanan Kota Bitung

BITUNG, SULUTTIMES.COM — Staf ahli dibidang digital Dr. Helfried Lombo, MBA. membantu terobosan Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri M.M lewat Dinas Perikanan agar Kota Bitung akan lebih jaya dari Kota yang sebelumnya.

Gebrakan ini dilakukan oleh Walikota, Ir. Maurits Mantiri, MM, untuk Mengatasi Dampak dari Penghentian sementara (Moratorium) Kapal penangkap ikan Ex-Asing terhadap berkurangnya pasokan ikan ke pabrik pengalengan ikan di kota Bitung.

Kadis Perikanan Kota Bitung, Ir.Frangky Runtukahu, bersama kedua kabidnya, Stenly Tambani Dan Dedy Mandak, beserta Dr. Helfried Lombo, MBA, Dewan Digital, Andrew Thee, dari Tim Teknis Digital, sekarang ini sedang dalam proses penyusunan Policy Brief untuk Pabrik Pengalengan Ikan di Kota Bitung.
Dengan Policy Brief tersebut.

Walikota Bitung, Ir. Maurits Mantiri,MMM akan membuat Usulan ke Gubernur Sulawesi UTARA, Kementrian Kelautan Perikanan, Presiden RI, untuk dapat membuat kebijakan yang bisa menggairahkan kembali usaha perikanan di Kota Bitung.

Dampak dari Penghentian sementara (Moratorium) kapal ex-Asing untuk menangkap ikan, adalah dipulangkannya kapal ex-Asing ke Negara asalnya. Hal ini menyebabkan pasokan ikan ke pabrik pengolahan ikan berkurang drastis.

Berdasarkan informasi dari Dr. Helfried Lombo, MBA, dirinya mengatakan, “Banyak Masyarakat Kota Bitung yang kehilangan pekerjaan, sebagai sumber penghasilan mereka. Pengangguran meningkat hingga puluhan ribu. PDRB merosor tajam dari 8% thn 1912, menukik hingga 3% ditahun 2015. Export dari sektor perikanan menurun drastis. Menurunnya Daya beli Masyarakat telah berdampak Pula pada sektor UMKM, Transportasi, rumah sewa, dimana pendapatan pada sektor tersebut MENGALAMI kelesuan, “sebutnya.

Tambahnya lagi, “Untuk bisa nenggairahkan kembali perekonomian disektor perikanan, khususnya pada sektor industri perikanan, Walikota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, MM, telah menginstruksikan untuk membuat Policy Brief untuk Pabrik Pengalengan Ikan. Diharapkan dengan Policy Brief tersebut, dapat dibuat kebijakan untuk menggerakan kembali roda perekonomian disektor perikanan tangkap terutama untuk meningkatkan pasokan ikan sebagai bahan Baku di pabrik pengalengan ikan di Kota Bitung, “ucap Dr. Helfried Lombo, MBA.

Diharapkan Pengangguran akan dapat diatasi, Export meningkat, Daya beli Masyarakat meningkat, sehingga dapat menggairahkan UMKM, perekonomian Masyarakat Kota Bitung bisa meningkat kembali.

Pada akhirnya PDRB Kota Bitung dapat meningkat, Pajak Dan Pendapatan Asli Daerah dari retribusi Perikanan dapat meningkat kembali. Ujar Dr. Helfried Lombo, MBA.

Red

(Visited 14 times, 1 visits today)

Komentar