oleh

Sidang Paripurna HUT Minut ke-18, Delon Akui Kemajuan Minut Secara Bertahap Ada Peningkatan

Suluttimes.com, AIRMADIDI -Sidang Paripurna dengan agenda Peringatan hari jadi Kabupaten Minahasa Utara ke-18 dipimpin
Ketua DPRD Minut, Denny Lolong SSos didampingi wakil ketua Olivia Mantiri dan Daniel M. Rumumpe, dihadiri seluruh anggota DPRD serta Sekwan Minut, Yossy Kawengian dipusatkan di Hall Sutanraja hotel, Sabtu (20/11/21).

Turut hadir wakil gubernur Sulut, Drs Steven Kandouw, wakil bupati Minut Kevin W. Lotulung SH MH, Sekda Ir Jemmy Kuhu MA, Ketua dan wakil TP PKK Minut, ànggota Deprov Sulut dapil Bitung-Minut, Fabian Kallo SIP MSi, Melky Pangemanan SSos, Hendry Walukouw, Agustine Kambey, unsur Forkopimda Minut, pejabat lingkup pemkab Minut serta undangan.

Hadir juga walikota Bitung, Ir Maurits Mantiri, Bupati Minsel Franky Wongkar, Walikota Tomohon Caroll Senduk, mantan ketua DPRD Minut Sus Sualang-Pangemanan, mantan wakil ketua DPRD Minut, Denny Wowiling.

Ketua DPRD Minut menjelaskan,
momentum perayaan HUT Minut kali ini berbeda dari sebelumnya, dimana pimpinan serta anggota, staf serta seluruh perangkat yang bernaung lingkup DPRD Minut masih dalam suasana duka. Sebab salah satu anggota DPRD Minut, bapak Jantje Londong telah meninggal dunia dan hari ini akan disemayamkan. “Selaku pribadi, mewakili pimpinan dan seluruh anggota DPRD Minut mengucapkan turut berduka yang dalam. Amal baik dan jasa almarhum akan selalu dikenang, terutama atensi dalam membangun kabupaten Minahasa Utara. Bagi keluarga, kami harap tetap kuat dan selalu mendapat penghiburan dari Tuhan Yang Maha Kuasa,” ujar Delon sapaan akrab ketua DPRD mengawali pembukaan Sidang Paripurna.

Baca Juga  Kelompok Pembudidaya Air Tawar Mapanget Terima Bantuan Benih Ikan

Diakui Ketua DPRD Minut, kurun waktu 18 tahun perjalanan pemerintahan Kabupaten Minut merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa, lewat pemimpin-pemimpin sebelumnya, maupun yang sementara menjabat.
Di tahun 2021 merupakan sejarah pergantian pimpinan Joune Ganda bersama Kevin W. Lotulung (JG-KWL) memangku jabatan bupati dan wakil bupati.

Lanjutnya, kurun waktu 18 tahun perjalanan Minut, pembangunan semakin ada peningkatan dari waktu ke waktu, seperti Tol Manado-Minut-Bitung, Bendungan Kuil, KEK Pariwisata Likupang. Sehingga perlunya ada intervensi berbagai kepentingan agar peningkatan pembangunan semakin merata disemua sektor.

“Ini wujud serta komitmen pemerintah bersama DPRD untuk membangun daerah ini kearah yang lebih baik lagi, terlebih berdampak langsung bagi masyarakat. Tentunya DPRD akan terus mendorong pemerintah lewat program-program yang menyentuh langsung di masyarakat.
Momentum ini juga, pimpinan dan anggota DPRD Minut akan menyerahkan laporan kinerja tahun ke-2 kepada bupati Minut.
Demikian pimpinan bersama anggota DPRD mengucapkan Dirgahayu ke-18 Kabupaten Minahasa Utara,” ujar Delon menutup laporannya.

Sementara bupati Minut, Joune Ganda SE dalam sambutannya mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap satukan tekad patuhi Protokol kesehatan (Prokes) guna mengantisipasi penyebaran virus yang bisa berdampak luas.

“Apresiasi terhadap pemimpin Minut, termasuk seluruh elemen di masyarakat yang selama ini berpartisipasi aktif dalam mendukung setiap senti pembangunan yang tengah berjalan, termasuk mendukung program vaksinasi yang tengah berlangsung di daerah ini,” sebut JG sapaan akrab bupati.

Baca Juga  Genggam Nomor Urut 2, VAP Sebut Angka Kemenangan

JG mengakui semangat kekompakan merupakan kekuatan dan kunci kebangkitan Minahasa Utara melalui semangat gotong royong yang berbudaya dan berdaya saing.
Dengan terbukanya KEK Pariwisata diharapkan akan lebih memacu pergerakan roda perekonomi masyarakat, dan berdampak terhadap pendapatan UMKM. “Biarlah kita kuat dalam satu kekeluargaan, Pemerintah, DPRD, stakeholder dan seluruh elemen di masyarakat harus bangkit menuju Minahasa Utara Smart. Sekarang ini pemerintah tengah berupaya mewujudkan akselerasi digital Pariwisata,” imbuh bupati.

Sementara sambutan Wakil Gubernur Sulut, Drs Steven Kandouw mewakili gubernur mengatakan usia ke-18 Kabupaten Minahasa Utara sudah terbilang dewasa, sehingga perlu ada evaluasi, agar capaian-capaian tahun berikutnya bisa berjalan sesuai target, sejalan dengan visi-misi JG-KWL. Visi-misi ini akan menjadi panduan, diimplementasikan lewat berbagai program 5 tahun masa kepemimpinan yang lebih prioritas menyentuh langsung di masyarakat. “Dengan ditetapkan KEK Likupang sebagai Destinasi super prioritas, ini sebagai pintu masuk investor, bukan hanya sektor Pariwisata, tetapi merambah disemua sektor. Kedepan Minut semakin berkembang dan hebat,” imbuh wagub. (dw/st)

Jangan Lupa di Bagikan !

Komentar