oleh

Sundalangi Siap Fasilitasi Pupuk Bagi Poktan di Kecamatan Dimembe

Suluttimes.com, AIRMADIDI – Ketua Komisi III DPRD Minahasa Utara (Minut) Paulus Sundalangi SE, Sabtu (04/12/21) menggelar reses masa persidangan I tahun sidang III tahun 2021 terpusatkan di Desa Matungkas, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Diketahui, Politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) merupakan representase masyarakat Dapil II meliputi Kecamatan Dimembe, Talawaan dan Kecamatan Likupang Selatan (Liksel).

Dari dialog yang berlangsung terungkap sejumlah usulan dari masyarakat antara lain perlu dibangun trotoar jalan, mengingat arus lalulintas semakin padat dengan terbukanya KEK Pariwisata Likupang, usul penataan lokasi ‘Kuliner’ di Desa Matungkas yang merupakan Desa penyangga KEK Likupang, usulan jalan paving di lorong-lorong, penerangan jalan, termasuk penerima bantuan sosial perlu diferivikasi ulang.
Contohnya, realisasi nama-nama masyarakat kurang mampu yang diusulkan Desa justru dihilangkan. Setelah ditelususi ada penggelembungan ketika dikirim ke Pusat. Tercatat ada nama penerima, namun orangnya sudah meninggal ??.

Baca Juga  Clay SSTP MAP Resmikan TPS3R dan Program Sanimas

Menariknya, kehadiran sejumlah kelompok tani (Poktan) yang bermukim di Kecamatan Talawaan dan Kecamatan Dimembe kembali menyuarakan kelangkaan pupuk di pasaran, khusus Pupuk Subsidi.

Merespos kelangkaan pupuk, Paulus Sandulangi notabene anggota Badan Anggaran (Banggar) Dekab Minut, siap memfasilitasi pupuk bagi kelompok tani.
Apalagi menurutnya, masa pandemi Covid-19 yang dirasakan hinggga kini, maka sektor Pertanian jadi prioritas.

“Saya siap fasilitasi pupuk bagi kelompok tani yang betul-betul fokus di Pertanian. Saya tidak ingin terjadi kesalahpahaman, sudah difasilitasi lantas diperjual belikan. Untuk itu perlu dibentuk kelompok tani, dikukuhkan dan tercatat, adapun bantuan-bantuan yang dikucurkan tepat sasaran. Halnya ada bantuan lain bisa disalurkan ke Poktan yang ada, termasuk binaan-binaan penyuluhan pertanian sehingga semakin berkembang dan maju. Tolong dicatat, soal pupuk saya siap fasilitasi,” tegas Ketua Fraksi NasDem DPRD Minut ini.

Baca Juga  Resmi, UMP 2020 Sulawesi Utara Rp. 3.310.723

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Kabid Penyuluh Pertanian, Rika Laihat juga hadir mendampingi Sudalangi menepis adanya kelangkaan pupuk di pasaran. “Yang terjadi justru tingginya permintaan pupuk subsidi, sehingga cepat laku terjual. Pupuk non subsidi banyak tapi harganya mahal,” timpal ibu Rika menyarankan perlu dibuatkan ‘Kartu Tani’ agar dengan mudah membeli pupuk subsidi.

Sementara Kumtua Desa Matungkas, Novieta Tangkudung yang menghadiri reses mengapreaiasi kinerja Paulus Sundalangi telah banyak membantu Desa Matungkas.
Diakuinya, reses sebelumnya yang diusulkan masyarakat telah direalisasi. “Kami bangga miliki wakil rakyat yang komit dan konsisten. Harapan kami, kiranya pak Paulus Sundalangi bersama teman-teman di DPRD Minut sebagai perpanjangan tangan masyarakat, khusus perwakilan di Dapil II meliputi Kecamatan Dimembe, Talawaan dan Likupang Barat terus berkarya dan berkomitmen menopang visi-misi pak bupati Joune Ganda dan wakil bupati Kevin W. Lotulung (JG-KWL) untuk kemajuan Minut hebat,” harap Novieta Tangkudung.

Baca Juga  Bawaslu RI Vonis Minut Rawan Pilkada

Nampak hadir dalam reses ini antara lain perangkat Desa Matungkas, TP PKK, BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, staf DPRD Minut, serta masyarakat juga menuliskan berbagai usulan di kertas aspirasi dengan harapan bisa ditindak lanjuti.
Berlangsungnya pertemuan ini tetap menerapkan Protokol Kesehatan. (dw/st)

Komentar