oleh

Elavour Shampoo Bar , Produk Asli Mahasiswa UP Yang Ramah Lingkungan

Sulut Times, Jakarta, 4 Januari 2022 – Elavour Shampoo Bar , Produk Asli Mahasiswa UP Yang Ramah Lingkungan yang dicetus oleh beberapa mahasiswa Universitas Pertamina.

Springwise, situs rujukan bagi para entrepreneur, dalam survey bertajuk ‘Next-generation trends 2022: Eco-consumption’ mengemukakan 59 persen responden setuju untuk menjalani gaya hidup yang lebih sadar lingkungan.

Senada dengan Springwise, survey Nielsen berjudul ‘Sustainable Shoppers: Buy the Change They Wish to See in the World’ juga menyebutkan, lebih dari 73 persen responden menyatakan siap beralih ke produk yang lebih ramah lingkungan. Sebanyak 41 persen responden juga mengatakan akan mulai menggunakan produk berbahan alami dan organik. Salah satunya adalah produk perawatan tubuh.

Baca Juga  Uang Muka Rumah Bersubsidi Hanya 1 Persen

Menyadari hadirnya kesempatan, Rafkita Shelly, Mahasiswa Program Studi Kimia Universitas Pertamina, mengembangkan usaha shampoo bar dengan bahan-bahan alami dan packaging yang ramah lingkungan. Usahanya ini telah ia rintis bersama teman-temannya selama satu tahun terakhir.

“Jika shampoo pada umumnya berbentuk liquid dan dikemas dengan botol ataupun plastik yang sangat sulit terurai, kami memproduksi shampoo dalam bentuk produk batangan (bar). Sehingga, packagingnya juga dapat diganti dengan kertas yang jauh lebih mudah terurai. Selain itu, produk kami juga tidak mengandung Sodium Lauryl Sulfate (SLS/SLES) maupun paraben, dan bebas dari harsh chemical lainnya. Kami menggunakan bahan-bahan alami seperti cocoa butter, jojoba oil dan essential oil, yang aman bagi tubuh, ekosistem, dan planet kita,” ungkap Rafkita dalam wawancara daring, Sabtu (01/01).

Komentar