oleh

Lewat Mural, Universitas Pertamina Ajak Promosikan Energi Baru Terbarukan

Sulut Times, 18 Januari 2022 – Universitas Pertamina Ajak Gen Z Promosikan Energi Baru Terbarukan Lewat Kompetisi Mural. Sebuah survei global yang digagas oleh Adobe dan Harris Poll pada tahun 2020 mengungkapkan bahwa 78 persen generasi z (gen z) percaya bahwa melakukan sesuatu yang kreatif setiap hari bermanfaat bagi pekerjaan atau pendidikan akademis mereka. Sebanyak 63 persen dari responden yang berusia 13 hingga 23 tahun tersebut, juga mengaku melakukan kegiatan kreatif setiap harinya.

Sementara itu, dalam survey yang sama, dikatakan bahwa gen z cenderung tidak membatasi definisi kreativitas. Meskipun lahir dan tumbuh di tengah gempuran perkembangan teknologi, nyatanya gen z mampu menikmati beragam jenis kesenian mulai dari seni tradisional hingga seni digital. Dalam kaitannya dengan semangat kreativitas, 50 persen dari mereka merasa lebih kreatif ketika terlibat dalam kegiatan sosial atau sukarela yang memberikan dampak bagi lingkungan.

Baca Juga  Positif Covid-19, Kondisi Menteri Perhubungan Terus Membaik

Mural, atau seni melukis di media dinding, dipilih Universitas Pertamina untuk menjadi sarana kreativitas keterlibatan gen z dalam mempromosikan gerakan sosial di masyarakat.

“Untuk menggaet keterlibatan gen z dalam edukasi sosial, kami melaksanakan kegiatan Mural Art Competition for High School Students. Meskipun baru pertama kali diselenggarakan, puluhan tim siswa SMA sederajat dan para komunitas mural dari berbagai daerah di Jabodetabek dan Pulau Jawa, mendaftarkan diri,” ungkap Budi W. Soetjipto, Ph.D., Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina, dalam wawancara daring, Senin (17/01).

Komentar