oleh

Dukung DPSP Likupang, Menhub Hiba 2 Kapal Wisata

Suluttimes.com, AIRMADIDI – Guna mendukung Pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Likupang, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Menteri Perhubungan (Menhub) menyerahkan 2 Kapal Wisata.

Penyerahan sekaligus peresmian 4 buah kapal wisata dilakukan serentak secara virtual dipimpin Menteri Perhubungan secara virtual dari Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (18/03/22) berlangsung pukul 16.00 Wita.

Empat buah Kapal Wisata Bottom Glass buatan dalam negeri yang diresmikan terbagi 2 unit diberi nama Baswara Bahari 1 dan Baswara Bahari 2 bertipe Katamaran diserahkan untuk Labuan Bajo. 2 lainnya diberi nama Nirmala Bahari 1 dan Nirmala Bahari 2 untuk mendukung destinasi wisata di Likupang dan Bunaken, Sulut.

Disebutkan Menhub, untuk mendukung DPSP, Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub membangun 4 (empat) unit kapal wisata Bottom Glass dengan alokasi anggaran kurang lebih Rp. 80 Milyar, yang dikerjakan mulai tahun 2020. Kapal ini dilengkapi dengan kaca pada bagian bawah dan dapat menampung 44 orang dan 7 anak buah kapal (ABK).

Baca Juga  Kasus Aktif Covid-19 Bertambah 282 Orang

Pembangunan kapal diproduksi oleh galangan kapal dalam negeri dengan 4 (empat) paket pekerjaan di Jakarta dan Surabaya. Menhub berharap, Pemda dapat mengoptimalkan pemanfaatan kapal ini untuk mendukung sektor pariwisata dan menumbuhkan titik-titik perekonomian baru di daerah.

“Untuk itu, saya pesan kepada Pemda agar ini dikelola dengan baik dan kita sudah sepakat untuk mencari pihak yang profesional untuk mengelolanya,” jelas Menhub.

Keberadaan kapal ini menurut Menhub, akan menjadi daya tarik tersendiri, dapat memikat para wisatawan baik domestik maupun mancangara.

Sementara, Sekda Minahasa Utara (Minut) Rivino W.L Dondokambey dalam acara virtual berlangsung di Dermaga Pelabuhan Laut Likupang, menyampaikan terima kasih kepada Presiden dan Menhub serta UPP Likupang yang telah memberi perhatian yang luar biasa bagi pertumbuhan ekonomi di Likupang khususnya dalam usaha mendukung destinasi pariwisata super prioritas dan KEK Pariwisata Likupang.

Baca Juga  Respon Penanggulangan Penyebaran Virus Corona, Imigrasi Manado Hentikan BVK dan VKSK Bagi WNA

“Kami berharap bantuan kapal wisata yang telah diberikan dapat bermanfaat bagi pengembangan pariwisata di Likupang serta dapat menyejahterakan masyarakat di Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Likupang,” ujar Dondokambey.

Senada Kepala Kantor UPP Likupang, M Qowi menjelaskan, keberadaan 2 Kapal yang ada di Likupang saat ini statusnya dititip selama 3 bulan pada Syahbandar Likupang untuk dijaga dan dirawat.

“Sambil menunggu proses serah terima Hibah dari Kemenhub ke Pemda Provinsi Sulut satu unit beroperasi di Bunaken dan Pemkab Minahasa Utara satu unit beroperasi di Likupang,” jelas Qowi.

Peresmian secara virtual diwarnai dengan pemotongan pita diresmikannya kapal oleh Sekda Minahasa Utara Rivino Dondokambey mewakili Bupati Minahasa Utara untuk KM. Nirmala Bahari 1 dan gunting pita oleh Kadishub Daerah Sulut, Dr Hendry Kacili mewakili Gubernur Sulut untuk KM. Nirmala Bahari 2.

Baca Juga  Keluarga Besar Roring - Lumanau Gelar Ibadah Syukur, Rayakan HUT ke- 55 Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa

Turut hadir di Dermaga Pelabuhan Laut Likupang Kadis Perhubungan Minut, Direktur PD Klabat, Kadisnav Kelas I Manado/Bitung, KSOP Bitung, KSOP Manado, UPP Amurang, BPTD XXII Sulut, Basarnas dan Satpolair. (dw/st)

Komentar