oleh

Bupati Joune Ganda Resmikan Rehabilitasi Jalan Likupang & Rinondoran

Suluttimes.com, AIRMADIDI – Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda SE, Jumat (08/04/22) meresmikan Rehabilitasi jalan Likupang dan Rehabilitasi jalan Rinondoran, di Desa Winuri, Kecamatan Likupang.

Usai melakukan peresmian, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti dua paket jalan tersebut notabene bersumber dari Dana Alokasi Khusus TA 2021.

“Kiranya dengan peremajaan dan rehabilitasi jalan di wilayah Likupang ini, akan sangat membantu dan bisa bermanfaat dalam memperlancar roda ekonomi masyarakat ,” sebut bupati Joune Ganda (JG).

Bupati menegaskan, pemerintah kini semakin fokus dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Perbaikan atau peremajaan sarana jalan jelas akan memudahkan akses masyarakat maupun barang. Dengan begitu transaksi ekonomi semakin lebih cepat dan lancar. “Apalagi Likupang kini telah ditetapkan sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP),” tegas JG sapaan akrab bupati.

Baca Juga  Dampak Gempabumi NTT M 7,4! Kab. Selayar Terparah! 346 Rumah Rusak dan 770 Warga Mengungsi

Terpisah, Kadis PUPR Minut Boby Najoan SH mengatakan, Rehabilitasi Jalan Dalam Kota Likupang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) TA 2021, dengan nilai kontrak oleh Penyedia Jasa PT. Parwata Kencana Abadi sebesar Rp. 4,826,718,313 dan nilai kontrak Konsultan Supervisi An Ade Cahyanto Rp. 74,000,000.

“Rencana pekerjaan jalan 2000 meter, dan yang terlaksana 2674 meter dengan lebar jalan 4 meter,” terang Najoan.

Najoan menjelaskan, Konstruksi jalan terdiri dari Aspal Jalan AC-WC (Hotmix), Lapis Pondasi Agregat Kelas A, Bangunan Penunjang Saluran Drainase, Bahu Jalan Beton Fc’ 15 , Marka Jalan, Plat Duicker, dan Penggantian Plat Jembatan Di Likupang I (Kompleks Pasar Likupang). “Pekerjaan jalan ini, terdiri dari 9 Segmen. Di Desa Wineru 7 Segmen panjang 1632 meter, dan Desa Maen 2 Segmen panjang 1032 meter.

Baca Juga  Simamora : ASN Kemenkumham Sulut Harus Komitmen Akan Tanggung Jawab

Lanjut Kadis PUPR Minut, untuk Rehabilitasi jalan Rinondoran, Desa Winuri juga bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) TA. 2021 dengan nilai kontrak oleh Penyedia Jasa CV. Perkasa sebesar Rp. 1,112,659, 000 dan nilai kontrak Konsultan Supervisi An Ade Cahyanto sebesar Rp. 61.424.000.

Panjang rencana jalan 500 meter, yang terlaksana 535 meter dengan lebar jalan terlaksana 4 meter. Konstruksi jalan terdiri dari Aspal Jalan AC-WC (Hotmix), Lapis Pondasi Agregat Kelas A Minor,

 Bangunan Penunjang Saluran Drainase, Bahu Jalan Beton Fc’ 15 , Marka Jalan, pelebaran Plat Duicker. Pekerjaan Ini terdiri dari 1 Segmen menerus pekerjaaan di Desa Winuri.

“Jalan Ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat, sekaligus menunjang Destinasi Super Prioritas Likupang, Dan Dapat Meningkatkan Kemantapan Jalan Kabupaten Minahasa Utara,” tambah Najoan.

Baca Juga  Korban Trauma, Hotel Salahkan Suplier

Turut hadir dalam peresmian tersebut, Asisten II Minut Drs. Allan Mingkid, Staff Khusus Bidang Infrastruktur Ir. Chris Laotongan MSi, Staff Khusus Bidang Perumahan dan Pemukiman Sony Tasiam ST, Pdt. Ireine Kaat S.Th yang telah memimpin ibadah, para Hukum Tua dan perangkat Desa Wineru, Maen, dan Winuri. (dw/st)

Komentar