oleh

Cair!!! ASN,Pensiunan,TNI,Polri Dapat THR dan Gaji ke-13, P3K Gimana???

Sulut Times, MANADO : Menjelang Idul Fitri Tahun 2022, Pemerintah akan membagikan THR dan gaji ke -13 bagi ASN dan Pensiunan. Lantas P3K gimana???

Kepala DJPb Sulut, Ratih Hapsari Kusumwardani mengatakan untuk pemberian THR kurang lebih berjumlah 8,8 juta penerima.

Mekanisme pemberian THR tahun 2022 mengacu pada PP No.16 Tahun 2022 yang diberikan kepada seluruh aparatur Negara dan pensiunan, yang terdiri dari:

  1. Aparatur Negara Pusat  : sekitar 1,8 Juta Pegawai
  2. Aparatur Negara Daerah : sekitar 3,7 juta pegawai
  3. Pensiunan sekitar 3,3 juta orang

Sementara itu Kebijakan pemberian THR pada dasarnya telah ditampung dalam APBN TA 2022, di mana anggaran untuk  penyaluran THR sudah dialokasikan melalui:

  • K/L dengan total sekitar Rp10,3 Triliun untuk ASN Pusat, TNI, dan Polri
  • DAU sekitar Rp15,0 Triliun untuk ASN Daerah (PNSD dan PPPK) dan dapat ditambahkan dari APBD TA 2022  sesuai kemampuan fiskal masing-masing Pemerintah Daerah dan sesuai ketentuan yang berlaku, serta
  • Bendahara Umum Negara sekitar Rp9,0 Triliun untuk pensiunan.
Baca Juga  Bawaslu Minut Siap Rekrut Panwas Ad hoc

Kepala DJPb Sulut, Ratih Hapsari Kusumwardani mengatakan pencairan THR di rencanakan mulai H-10 Idul Fitri

“Pencairan THR direncanakan dimulai pada periode H-10 Idul Fitri dimana Kementrian/Lembaga (K/L) dapat mengajukan SPM ( Surat Perintah Membayar)  ke KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara )mulai tanggal 18 April 2022 dan dapat dicairkan oleh KPPN sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Tapi, jika ada K/L belum dapat membayarkan THR sebelum Hari Raya Idul Fitri,maka K/L terkait dapat membayarkan THR sesudah Hari Raya Idul  Fitri.”ungkapnya saat konfrensi pers di Kantor DJPb Sulut ( Senin, 18/04/22)

Kepala DJPb Sulut mengatakan pemberian THR dan gaji Ke-13 dimana besaran  gaji pokok, tujangan jabatan dan kinerja mengacu pada PP  nomor 16/2022.

Baca Juga  Pemkab Minut Galang Instansi Hukum Atasi Penyimpangan Dandes

Klik link ini untuk mengetahui PP No.16 Tahun 2022 disini

‘Diberikan sebesar gaji/pensiun pokok dan tunjangan yang melekat pada gaji/pensiun pokok (tunjangan  keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan struktural/fungsional/umum), dan 50%  tunjangan  kinerja per bulan bagi yang mendapatkan tunjangan kinerja. Bagi Instansi Pemerintah Daerah, paling banyak 50% tambahan penghasilan dengan memperhatikan  kemampuan kapasitas fiskal daerah dan sesuai peraturan perundang-undangan,”pungkasnya

Mengutip dari PP No.16 Tahun 2022, tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya Dan Gaji Ketiga Belas Kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, Dan Penerima Tunjangan Tahun 2022.

Pasal 3 ayat 1 Aparatur Negara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 terdiri atas:

Baca Juga  Spektakuler !!! Pagelaran adat Tulude Bitung 2020

Pada Pasal 6 (1) Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas yang anggarannya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara bagi PNS, PPPK, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi, pimpinan Lembaga Penyiaran Publik, dan Pegawai Non-Pegawai Aparatur Sipil Negara yang bertugas pada Lembaga Penyiaran Publik, terdiri atas:

  • gaji pokok;
  • tunjangan keluarga;
  • tunjangan pangan;
  • tunjangan jabatan atau tunjangan umum; dan
  • 50% (lima puluh persen) tunjangan kinerja

Dari data yang diperoleh, Pemberian THR dan Gaji ke-13 untuk PNS di Provinsi Sulut sejumlah:
PNS Pemda: 56.186
PNS Pusat: 30.253

Komentar