oleh

Pemerintah Tetapkan Awal Puasa 3 April

Suluttimes, Manado – Akhirnya, pemeritah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1443 Hijriah atau puasa Ramadhan 2022 jatuh pada Minggu, 3 April 2022 mendatang, karena hasil pemantauan hilal tidak terlihat di 101 titik lokasi pengamatan.

Jadi, umat muslim di Indonesia akan mulai menjalankan salat tarawih pertama esok, Sabtu (02/04/2022).

Penetapan awal Ramadhan ini didasarkan dari hasil sidang Isbat yang dipimpin oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Jumat (01/04/2022).

“Secara mufakat bahwa 1 Ramadhan tahun 1443 Hijriah jatuh pada hari Ahad (Minggu) 3 April 2022 Masehi. Ini hasil sidang Isbat yang baru saja kita selesaikan dan kita sepakati bersama,” ungkap Menag Yaqut dalam konferensi pers yang disiarkan langsung di TVRI.

Baca Juga  Cermin Keluarga, Figur Singal-Lengkong Layak Pimpin Minut 5 Tahun Kedepan

“Dan tentu kita berharap mudah-mudahan dengan hasil sidang Isbat ini seluruh umat Islam di Indonesia dapat menjalankan ibadah puasa secara bersama-sama,” sambungnya.

Menag Yaqut menjelaskan bahwa sidang Isbat mempertimbangkan dua metode yang umumnya digunakan, yakni hisab (perhitungan) dan rukyat (melihat langsung keberadaan hilal) dalam menentukan awal puasa Ramadhan tahun ini.

Sumber: Kompas.com

Komentar