oleh

Peringati Habapas ke-58, Yasona Laoly : Wujudkan Indonesia Maju Dengan Implementasikan PASTI BerAKHLAK

Sulut Times, MANADO – Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58, Menkumham Yasonna H. Laoly ajak agar pemasyarakatan implementasikan PASTI berAKHLAK untuk mewujudkan Indonesia lebih maju.

Seluruh satuan kerja yang tersebar di wilayah Indonesia turut mengikuti upacara tersebut secara daring. Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly memimpin upacara yang dilaksanakan di graha pengayoman.

Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Utara mengikuti upacara Habapas secara daring dari aula kanwil yang dinahkodai Haris Sukamto. (Rabu,27/04/22)

Kepala Kantor Wilayah Haris Sukamto didampingi para kepala divisi hingga awak divisi Pemasyarakatan. “Rasa syukur kita bertambah karena pada hari ini kita berhasil memuncaki rangkaian acara Peringatan HBP Ke-58 melalui upacara virtual, yang semoga menjadi upacara virtual terakhir. Karena doa kita bersama, tahun depan kita sudah bisa leluasa bertatap muka,” harap Menkumham.

Baca Juga  Kuat Dugaan Intervensi DPD dan DPW Nasdem, Hearing PAW JEM Ditunda

Dalam sambutannya, Menkumham menyampaikan kepada seluruh jajaran Pemasyarakatan agar dapat memaknai serta mampu menangkap esensi dari peringatan ini, yakni “Pemasyarakatan PASTI dan BerAKHLAK, Mewujudkan Indonesia Maju”.

“Usaha Pemasyarakatan tidak hanya bergantung pada kokohnya tembok atau kuatnya jeruji. Pemasyarakatan adalah segala bentuk usaha untuk mengembalikan para pelanggar hukum ke tengah-tengah masyarakat, maka dari itu kedudukannya bukanlah terpisah dari masyarakat itu sendiri. Sudah saatnya gagasan-gagasan mengenai kebijakan nonpemenjaraan kembali diwacanakan sebagai alternatif pidana yang lebih manusiawi,” tegas Menkumham.

Menkumham juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dan berkontribusi dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi Pemasyarakatan.

“Kepada Petugas Pemasyarakatan yang baru saja menerima penghargaan, saya ucapkan selamat dan penghormatan setinggi-tingginya atas prestasi yang telah diraih. Tetaplah semangat bekerja dengan penuh dedikasi dan pantang menyerah, tunjukkan rasa cintamu terhadap bangsa dan negara ini, dengan memberikan darma baktimu melalui pengabdian yang terbaik,” pungkasnya

Komentar