oleh

Norman Meoko Bebagi Ilmu Cara Menjadi Wartawan Online Profesional Dengan IWO Minahasa

Sulut Times, MINAHASA : Wartawan Senior Norman Meoko berbagi ilmu dengan wartawan biro Minahasa. Berbagai ilmu yang diberikan berhasil menarik simpati para teman-teman biro Minahasa.

Pulang ke kampung halaman, wartawan senior kawanua asal Desa Kamangta Kecamatan Tombulu Kabupaten Minahasa Norman Meoko membagikan ilmu kepada wartawan Biro Minahasa yang tergabung dalam Ikatan Wartawan Online (IWO) Minahasa Kamis (19/5/2022).

Wartawan yang karir jurnalisnya menanjak di Koran Sinar Harapan berbagi ilmu cara menulis yang baik agar karya jurnalis yang dihasilkan menarik untuk dibaca.

Cara Menjadi Wartawan Online Profesional

  • Menaati Kode Etik Jurnalistik
  • Banyak Menulis
  • Jaga Ketahanan Fisik

Menurut Norman, untuk Cara menjadi wartawan online profesional, setidaknya ada tiga hal yang harus dilakukan. Pertama, menaati kode etik jurnalistik. Kedua, banyak menulis dan ketiga menjaga ketahanan fisik.

Baca Juga  Jemaat GMIM se Wilayah Tomohon Empat Bantu Atasi Eceng Gondok

”Ketiga hal ini merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan yang harus ada di diri wartawan,” kata dosen di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta ini.

Redaktur Eksekutif sinar harapan.co ini menambahkan, jika wartawan terus belajar, banyak membaca dan menjalankan profesinya sesuai kode etik jurnalistik, tentunya akan menjadi wartawan yang profesional dan banyak dikenal.

”Saya senang teman-teman IWO Minahasa bisa ada di sini dan bisa berbagi pengalaman. Ini sangat menarik. mudah-mudahan ke depan, kita bisa lebih banyak waktu lagi untuk saling berbagi,” kata Norman yang dalam karir jurnalisnya mengaku sudah bekerja di sekira 12 media baik media cetak, radio maupun online.

Baca Juga  Mewakili ROR, Sorongan Buka Konsultasi Publik Penyusunan Dokumen Kajian Lingkungan Hidup Rencana Tata Ruang dan Ruang Wilayah

Norman meminta wartawan jika memuat berita yang berisiko agar harus dikonfirmasi. Jangan sekali-kali membuat berita sepihak.

Antusias untuk mendapatkan ilmu dari wartawan sekaligus dosen di institut ‘pencetak’ wartawan ini sangat terlihat pada para wartawan IWO Minahasa.

”Kesempatan ini langka dan mahal. Jarang ada yang seperti ini, kita bisa bertemu dan memperoleh ilmu dari wartawan senior,” ujar Ketua IWO Minahasa Stedy Wellem Pude didampingi Sekretaris Frangky Ngantung dan para anggota IWO Minahasa

(Visited 20 times, 1 visits today)

Komentar