FPSL 6 – 10 Oktober 2022 Dibahas Maurits Mantiri dan Sandiaga Salahudin Uno, KEMENPAREKRAF



Bitung, Sulut Times — Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif Sandiaga Salahudin Uno sangat tersanjung dihadiri oleh Walikota Bitung Ir. Maurits Mandiri, MM dalam acara The Weekly Brief With Sandi Uno yang disiarkan langsung dari gedung Sapta pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif (KEMENPAREKRAF), Kamis (29/09/2022).

Melalui channel YouTube kami sangat tersanjung pak Wali hadir di Weekly Brief ini, akan tetapi kurang lengkap kalau Kota Bitung tidak ada sashimi tunanya,” kata pembuka dari Mas menteri dan disertai candaan disaat bertemu dengan Pak Walikota Bitung, dan sashimi dengan bumbu khas dari kota Bitung langsung disiarkan oleh tim pada Rabu tanggal 28-9-22 malam tadi.

Mas menteri meminta Pak Walikota memaparkan tentang Festival Pesona Selat Lembeh fpsl 2022, dan Mas menteri mendengarkan paparan sambil menikmati sashimi bumbu khas Bitung pelan-pelan saja pak wali menjelaskannya sambil saya menikmati sasimi,”

Terima kasih pak menteri yang lebih utama kami yang sangat tersanjung bisa berada di dekat pak menteri yang hebat ini,” kata MM mewakili paparannya.

Kinerja kementerian pariwisata sudah terukur dan bisa menjadi sesuatu yang luar biasa bagi bangsa Indonesia sehingga pariwisata bisa menjadi lokomotif pembangunan ekonomi di Indonesia karena kami sudah rasakan di kota kami, jika kita fokus ke pariwisata itu berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi ini juga tentang kenektifitas dengan UMKM kita akan ada di kota Bitung sebagai laporan ke pak menteri kami sudah ada 14 produk yang tembus pasar Amerika seperti ada beberapa produk ikan kayu juga keripik pisang amplang tuna keripik tuna serta Marcendise, kami juga dalam fpsl ini menggunakan event organizer EO lokal asli dari Kota Bitung dan mereka masih anak muda semua,” lanjut Maurits Dan disambut bangga oleh Mas menteri.

Saya baru pulang dari Bali yang menarik ada peserta Word tourisme organization (UN WTO) kalau bicara tentang Indonesia dia ingatnya hanya Kota Bitung dan diving saat malam hari,” kata Mas menteri.

“Memang kalau bicara Bitung sekarang kunjungan wisatawan banyak yang melakukan diving di malam hari dan kami meminta para Dive guide lokal untuk mengemasnya dengan baik agar para wisatawan bisa menikmati alam bawah laut pada malam hari sehingga potensi kunjungan wisatawan untuk diving di malam hari lebih banyak dan mereka banyak menemukan creatures baru dan bervariasi dan dengan bantuan dari teman teman Divers, ada yang dari Jerman, mereka telah menemukan wilayah baru di luar pulau Lembeh lokasinya benar-benar luar biasa karena bentuknya seperti dinding,”

Pada acara itu Walikota Bitung Ir maurit Mandiri MM didampingi PJ Sekda Kota Bitung Ignatius Rudi Teno, ST.MT Kadis pariwisata Pinkan kapoh SPt.Map serta event organizer Regina tualage.

Maurits Mantiri bersama rombongan diundang untuk menjadi narasumber dalam acara tersebut guna memaparkan serta mempromosikan Festival Selat Lembeh fpsl 2022 kepada Mas menteri serta kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa di kota Bitung 6 sampai 10 Oktober nanti di kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara ada event bertaraf nasional.

“Apa pesona yang spesial akan ditampilkan oleh Regina dan kawan-kawan sebagai EO pada fpsl tahun ini? Tanya Mas menteri. “Yang spesial adalah sailing pass parade perahu nelayan sailing pass adalah-sub event yang selalu ditampilkan di setiap fpsl dari tahun 2016 lalu. Ada underwater fotography kompetition juga adalah salah satu sub event yang dinanti-nantikan karena melibatkan fotografer profesional yang ada di seluruh dunia, untuk para Milenial ada VR Zone, ada juga sub event untuk pagelaran budaya Minahasa dan masih banyak lagi yang akan ditampilkan di fpsl 2022 nanti,” jawab Regina di depan Mas menteri.

Setelah menikmati sashimi sashimi bumbu khas Bitung bersama singkong rebus ubi rebus Mas menteri mengatakan, ini enak sekali pak wali, sashimi dengan bumbu khas ini bisa jadi unggulan dan harus dibranding dengan benar ini pak, biar jadi andalan di saat wisatawan datang di kota Bitung, karena ini sangat berbeda rasanya.” Jelas menteri paragraf itu ada rasa Bitung jadi pak menteri harus datang di saat Festival pesona Selat Lembeh nanti kata Mantiri menyambut pernyataan Mas menteri Dan disambut tawa oleh keduanya.

Tidak lupa Walikota Bitung mengucapkan terima kasih kepada Pak Menteri atas masuknya Kota Bitung dalam nominasi uccn kami pemerintah dan masyarakat kota Bitung berterima kasih kepada Pak Menteri sudah memilih kota kami untuk dimasukkan sebagai nominasi dalam UNESCO Creative Cities Network uccn bidang astronomi,”

Dan pak menteri mengatakan bahwa Hanya dua kota yang kami dukung dan ajukan ke uccn yaitu Kota Ponorogo dan Kota Bitung

Harapan dari pemerintah kota Bitung dengan adanya fpsl ini agar pemulihan ekonomi masyarakat dan pelaku UMKM akan lebih baik lagi perlu diketahui festival pesona Selat lembek ini masuk dalam Karisma event Nusantara Ken Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif akan dilaksanakan di satuan patroli satrol pangkalan utama TNI Angkatan Laut Lantamal 8 Bitung pada 6 – 10 Oktober 2022.

Dan akan ada penampilan Band ternama Indonesia di fpsl nanti, Let’s Explore with happiness,”

Ini merupakan sub event pada fpsl 2022 sailing pas mural boat Parade, kostum Carnival, asianbook record the most grilled skip Jack fish, Korpri gema tetengkoran, rally yach Bitung Expo, flower exhibition tourist Expo flower exhibition, touris village workshop, gastronomy, workshop cuting tuna, batle show, underwater photography competition, minahasa culture assemble swimming competition boat racing, bitung trail adventure, fishing tournament cooking competition sporting dog, senam dicita, yoga zumba, & dance mix fun, colossal dance performance, music performance.



(Ferry Mamangkey)

(Visited 9 times, 1 visits today)

Komentar