Wali Kota Bitung Dampingi Danrem 131/Santiago Lakukan Tiga Hal Ini di Kelurahan Karondoran

BITUNG, SULUT TIMES – Kegiatan peresmian RTLH, Santiago Peduli Stunting dan Pencanangan Kelurahan Pancasila dilaksanakan secara serentak di 4 (empat) lokasi wilayah Kodim 1310/Bitung melalui Video Confrence, turun langsung Wali Kota Bitung Ir. Maurits Mantiri, MM dampingi Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis, S.A.P., M.M., Jumat (02/09/2022).

Sambutan dari Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri, M.M. Ia berharap dari adanya program Kelurahan Pancasila yang sudah dibentuk agar mampu menciptakan suatu media pembelajaran Pancasila bagi masyarakat luas dan meningkatkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam membentuk kepribadian masyarakat.
“Dengan dibentuknya Kelurahan Pancasila di Kelurahan Karondoran ini diharapkan bisa menjadi acuan untuk menuju Kota Bitung menjadi Kota Pancasila,” sebut Walikota.

Kami memberikan penghargaan yang tak terhingga atas kerja kolaborasi yang telah dinampakkan Kodim 1310/Bitung di lapangan sehingga kita semua bisa bersama-sama menikmati jalannya pembangunan yang menjadi tujuan kita bersama,” terang Mantiri.

Lanjut Walikota lagi, “Saya percaya apa yang kemudian dilakukan dan terus akan dilakukan ini akan kami support,” ujar Mantiri.

Danrem Santiago 131

Mantiri mengatakan lagi, “Kerja bergotong-royong, berkolaborasi kerja dengan cinta jauhkan kebencian biarkan mereka tersenyum Maka kalau mereka banyak tersenyum pasti akan lebih Jaya dan lebih hebat,” Sebutnya.

Komitmen kami bersama-sama agar bisa Tuntas persoalan-persoalan kemasyaratan di kota kami, dari target kami untuk orang miskin yang menurut saya ini yang harus kita selesaikan,” katanya.

Sementara itu, Dandim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Efriandi, M.Han., mengawali acara dan memaparkan kepada Danrem 131/Stg dan Walikota Bitung terkait pelaksanaan kegiatan rehab RTLH di empat lokasi yakni di Desa Kuwil Kec. Kalawat Kab. Minut, Desa Kema Satu Kec. Kema Kab. Minut, Kel. Girian Indah Kec. Girian Kota Bitung dan Kel. Karondoran Kota Bitung, menjelaskan kegiatan Santiago Peduli Stunting serta meyampaikan pelaksanaan Pencanangan Kelurahan Karondoran sebagai Kelurahan Pancasila.
“Ini bisa tercipta berkat campur tangan dari semua pihak serta adanya sinergitas dan kebersamaan antara sesama,” pungkas Dandim.

Dikesempatan itu, Danrem 131/Stg Brigjen TNI Mukhlis, S.A.P., M.M., menyampaikan arahannya yang mengatakan, kesempatan ini patutlah kita panjatkan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena hari ini kita bisa berkumpul di tempat ini dalam rangka peresmian rumah tidak layak huni (RTLH), Santiago Peduli Stunting dan Pencanangan Kelurahan Pancasila.
“Terima kasih kami sampaikan kepada Dandim 1310/Bitung Bitung dalam pengerjaan RTLH sebanyak 4 unit dan masih ada lagi sehingga perlunya kerjasama yang baik,” kata Danrem.

Lanjutnya, Babinsa harus terus memonitor keberadaan RTLH walaupun sudah diresmikan, semua perlu kerjasama dengan semua pihak dan inti kerjasama agar tercipta Kolaborasi, komunikasi dan koordinasi. “Kegiatan hari ini saya betul-betul berterimah kasih kepada Pak Walikota dan Dandim, karena tidak ada yang sulit jika kita kerjakan dengan niat dan tulus demi kebaikan bersama,” ujarnya.

Danrem menyebutkan, Kami TNI AD tidak berjanji apa apa, namun berbuat yang terbaik bagi rakyat. Kedepan ada 30 unit rumah yang akan di rehab oleh sebab itu perlu ada kerjasama.
“Mudah-mudahan para Babinsa sebagai mata dan telinga dari para unsur pimpinan TNI AD agar dapat bersama-sama Bhabinkamtibmas yang ada di wilayah supaya dapat bekerjasama dalam mendukung program yang ada,” imbuhnya.

Ia menambahkan, Pencanangan Kelurahan Pancasila bukan hanya seremonial semata namun kita akan lakukan bagaimana penerapan itu diterapkan. Program Pemerintah Kota Bitung salah satunya menyekolahkan anak-anak yang putus sekolah oleh sebab itu patut kita mendukung program pemerintah yang ada di Kota Bitung. Terkait masalah stunting harus ada terobosan yang perlu dilakukan terlebih bagi anak-anak, tambahnya.

Acara dilanjutkan Doa syukuran masuk rumah, Pengguntingan pita dan penyerahan kunci rumah dilanjutkan acara tambahan berupa Penyerahan bantuan Santiago Peduli Stunting dilanjutkan Pernyataan resmi dan Penandatanganan Prasasti Pencalangan Kelurahan Pancasila dan ditutup dengan foto bersama.

Hadir juga, Kolonel Inf Hengky Yudha Setiawan (Kasrem 131/Stg), Kolonel Inf Daniel E. S. Lalawi, S.I.P (Dandim 1309/Mdo), Kolonel Inf Aris Windarto (Kasi Ops Rem 131/Stg), Kolonel Kav Dani Darmawan (Kasi Ter Rem 131/Stg), Kolonel Czi Agung Isa Rahman, S.H (Kasi Log Rem 131/Stg), Letkol Inf Sandy (Kasi Intel Rem 131/Stg), Letkol Inf Teguh Hedi (Kasi Ren Rem 131/Stg), Letkol Arm Yoki Efriandi Gumay, M.Han. (Dandim 1310/Btg), Letkol Laut (S) Nur Subagyo (Mewakili Dansatrol Lantamal VIII Btg), Kompol Andri Permana, S.I.K. (Waka Polres Bitung), Mayor Chb Hendra Sormin (Dandenhubrem 131/Stg), Pengurus Persit KCK Koorcab Rem 131, Ketua Persit KCK Cabang LXII Dim 1319 Ny. Yoki Efriandi bersam Pengurus Persit, Para KPD jajaran Pemkot Bitung, Keluarga Penerima Bantuan Rehab RTLH (Keluarga Djamila Tadete, Keluarga Wuri Walangsendou,
Keluarga Pangkey Mamangkey dan Keluarga Sahati Samatara) serta Masyarakat Kelurahan Karondoran.

(Ferry Mamangkey)

(Visited 16 times, 1 visits today)

Komentar