Penindasan Perempuan

Jika perempuan mengalami penindasan, lantas apa yang perlu dilakukan? Diamkah? Atau malah disalahkan? Pertanyaan tersebut memang menarik.


Melihat yang terjadi di masyarakat adalah perihal perempuan yang selalu disalahkan, dan mungkin karena selalu disalahkan, maka muncullah pernyataan kalau perempuan selalu benar.


Ini tidak terlepas dari diskriminasi yang selalu diterima oleh perempuan sejak berabad-abad yang lalu, di mana kaum hawa mulai disepelekan.


Meski begitu, peran perempuan dalam membangun suatu peradaban tidak bisa dianggap enteng.


Jika tidak ada kaum perempuan, siapa yang akan melahirkan para generasi penerus?
Ingatlah ini baik-baik, sehebat apapun laki-laki, dia tidak dapat menyangkal kehebatan perempuan.


Alasan yang paling kuat adalah, jika dia tidak dilahirkan dari rahim seorang perempuan, lantas dia bisa apa?


Dewasa ini, persoalan tentang kaum perempuan semakin banyak disuarakan. Bisa jadi orang-orang mulai sadar akan pentingnya pengakuan dan kesetaraan bagi perempuan.


Hal ini juga tak bisa dilepaskan dari pesatnya perkembangan sosial media yang cukup membawa angin segar bagi pergerakan tersebut.


Bukan hanya soal pengakuan dan kesetaraan, keadilan juga harus ditegakkan bagi kaum perempuan.


Harus ditegakkan seadil-adilnya, kenapa? Karena ada begitu banyak ketidakadilan, penyimpangan, kecurangan dan masih banyak hal buruk lain yang dialami perempuan.


Mengutip Ester Lianawati, hal penting yang juga harus diperhatikan adalah kesehatan mental dari perempuan. Kenapa kesehatan mental? Karena banyak peristiwa yang membuat mental mereka sangat terluka hingga berakibat trauma berkepanjangan.


Melihat semua hal tersebut, kita sebagai insan yang memiliki akal budi dan hati nurani harus lebih peka dan mengerti akan masalah yang dihadapi perempuan.


Menyuarakan hak dan keadilan perempuan sontak tidak akan merubah jenis kelamin kita semua menjadi perempuan. Seperti pepatah lama mengatakan, di balik lelaki sukses ada perempuan hebat.

Artikel : Ace

(Visited 30 times, 1 visits today)

Komentar