Apel Kesiapan Pemilu 2024, Kumendong : Simulasi sangat Penting, Cegah Kekacauan di TPS

Sulut Times, MINAHASA : Kepolisian Resort (Polres) Minahasa menggelar Apel Kesiapan Pemilu 2024 dirangkaikan Simulasi Pemungutan, Pencoblosan dan Penghitungan serta Pengamanan TPS.

Kegiatan ini merupakan bentuk kesiapsiagaan Polri dalam mengawal jalannya pemilu terutama di wilayah hukum Polres Minahasa.

Bupati Minahasa, Jemmy Stani Kumendong (JSK) berujar, simulasi ini sangat penting untuk menjaga segala kemungkinan yang ditimbulkan pada saat pemungutan suara.

“Ketika terjadi kekacauan atau situasi tidak aman, maka prosedur penanganannya sudah ada. Itulah gunanya simulasi pada hari ini,” kata Kumendong di lapangan apel Polres Minahasa.

“Sejauh ini koordinasi antara Pemkab dan Polres Minahasa berjalan baik, tindakan pengamanan yang dilakukan kepolisian selalu kami dukung,” ungkap JSK saat diwawancarai pada Jumat (9/2/2024).

Kapolres Minahasa, AKBP S. Sophian menyebutkan, kegiatan ini sudah direncanakan kepolisian agar lebih memahami situasi dan kondisi di lapangan.

“Pelaksanaan simulasi sangat penting, apabila ada masalah seputar pengamanan bisa lebih siap dan efektif,” kata Sophian.

“Jumlah TPS di wilayah hukum Polres Minahasa berjumlah 782 sudah kita plot yang rawan dan sangat rawan,” jelasnya.

“Kita libatkan 290 Personel Polres dan dibantu Polda, selain itu kita memiliki kekuatan tambahan apabila dibutuhkan ekstra pengamanan,” imbuh Sophian.

(Visited 12 times, 1 visits today)

Komentar