Bupati JG Instruksikan Jajaran Pemkab Minut Support KPU Untuk Coklit

Suluttimes.com, AIRMADIDI – Bupati Joune Ganda SE MAP MM MSi, menginstruksikan jajarannya, Pemkab Minahasa Utara (Minut) mulai dari Camat, Kumtua/Lurah serta seluruh Kepala Jaga mensuport tugas-tugas KPU dalam mensukseskan Pilkada serentak 2024.

Salah satunya para Camat, Kumtua- Lurah, termasuk seluruh Kepala Jaga diminta untuk membantu sosialisasasikan kunjungan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) dalam melakukan tugas pendataan di rumah-rumah warga.

“Kedatangan Petugas Pantarlih guna melakukan pendataan, berupa pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih jelang Pilkada serentak bulan November 2024 mendatang.
Proses ini akan ditandai dengan penempelan stiker di setiap rumah pemilih sebagai bukti bahwa data mereka telah diperiksa dan dicocokkan,” jelas Bupati Joune Ganda.

Ditegaskan Bupati, salah satu indikator utama keberhasilan pelaksanaan Pilkada adalah tingkat partisipasi pemilih.

Olehnya, Bupati mengajak masyarakat Minahasa Utara untuk menerima kedatangan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) guna mempermudah pendataan, data pemilih.

“Saya ajak masyarakat ikut mendukung kinerja KPU, menerima kedatangan Petugas Pantarlih dalam melakukan pendataan, khususnya data pemilih. Saya juga berharap seluruh petugas Pantarlih selalu menjaga kesehatan dan keselamatan dalam melaksanakan tugas di lapangan,” pesan JG sapaan akrab bupati Minut.

Terpisah, Komisioner KPU Minut notabene Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM, Rizky Pogaga tak menampik bahwa Petugas Pantarlih sudah dilantik.

Dijelaskan Pogaga, petugas Pantarlih memiliki peran penting dalam pendataan dengan naik turun rumah, sehingga menghasilkan daftar pemilih tetap yang benar-benar mencerminkan masyarakat yang memiliki hak pilih.

Pendataan ini akan menentukan kualitas pemilihan melalui pencocokan dan penelitian Daftar Penduduk Pemilih Potensial (DP4) untuk menghasilkan daftar pemilih tetap (DPT) yang akurat.

“Pantarlih memiliki peran strategis dalam memastikan bahwa data pemilih yang digunakan dalam Pilkada adalah data yang akurat dan valid, ” kunci Pogaga. (dw/st)

(Visited 45 times, 1 visits today)

Komentar