KPU Sulut Pantau Proses Coklit di 15 Kabupaten Kota Secara Virtual


Warning: A non-numeric value encountered in /home/sulh7257/public_html/wp-content/plugins/top-10/includes/class-top-ten-query.php on line 191

Sulut Times, MANADO : Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Utara (KPU Sulut) memantau secara zoom hari pertama pelaksanaan proses pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih yang dilakukan secara serentak hari ini di 15 Kabupaten/Kota serta berkoordinasi dengan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). 

Diketahui, tugas Pantarlih yakni memastikan semua warga negara yang punya hak memilih harus masuk dalam daftar pemilih karena mereka melaksanakan tugas konstitusi sesuai ketentuan perundang – undangan terkait Pilkada serta melindungi hak – hak politik warga negara terutama hak untuk memilih di Pilkada.

Kordiv Perencanaan dan Data KPU Sulut Lanny Ointu mengatakan, usai pelantikan Pantarlih di 15 Kabupaten/Kota, KPU Sulut melakukan pemantauan secara zoom proses Coklit dilapangan.

“Untuk hari pertama ini, kami memantau proses Coklit lewat proses Zoom di Kabupaten/Kota. Nantinya Selasa besok, kami akan turun langsung memantau dilapangan sekaligus memonitoring sebagaimana tugas KPU Provinsi Sulut yang melakukan supervisi dan monitoring terhadap 15 Kabupaten/Kota terkait kinerja dari para Pantarlih dalam melakukan proses pemutakhiran data pemilih di lapangan,” ungkap Ointu.

Ointu menyampaikan, dalam pemantauan dilapangan KPU Sulut akan melibatkan banyak pihak dalam proses kerja Coklit kedepan.

“Kami berharap, masyarakat di Pilkada 27 November 2024 nanti masyarakat yang mempunyai hak memilih tidak kehilangan hak pilihnya serta tercatat dalam daftar pemilih agar masuk dalam DPT”, ucapnya.

Dikatakan, untuk hari ini dari pemantauan lewat pelaksanaan Coklit di15 Kabupaten/Kota yang ada, sudah terpantau di Bolmong Selatan di rumah tokoh masyarakat, Minahasa di rumah warga penyandang Disabilitas, Bitung rumah Wakil Walikota dan di Kotamobagu Ketua Bawaslu dan Ketua DPRD serta dengan tokoh-tokoh agama juga turut hadir.

“Masa kerja para Pantarlih kurang lebih satu bulan. Dimulai tanggal 24 Juni dan berakhir 24 Juli 2024. Meski tugas mereka singkat hanya sebulan namun sangat menentukan suksesnya pelaksanaan Pilkada baik pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, serta pemilihan Walikota dan Wakil Walikota di Provinsi Sulut”, tutupnya.

Pemantau Zoom KPU Sulut diikuti Koordinator Divisi (Kordiv) Perencanaan dan Data KPU Provinsi Sulut, Lanny Ointu yang turut didampingi Sekretaris KPU Meidy Malonda dan Kasub Novie Runtukahu.

(Visited 11 times, 1 visits today)

Posting Terkait

Baca Juga

Komentar