PERINGATI HARI BELA NEGARA, WADAN LANTAMAL VIII : “Relevansi Tekad Wujudkan SDM Unggul Demi Kemajuan Indonesia”

Sulut Times, Manado : Komandan Lantamal VIII diwakili oleh Wadan Lantamal VIII Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo bertindak sebagai Inspektur dan Kadisbek Lantamal VIII Mayor Laut (S) Adhi. H sebagai Komandan Upacara peringati Hari Bela Negara ke-71 tahun 2019, Kamis (19/12/2019) di Markas Komando Lantamal VIII, Jln Yos Sudarso Kairagi Weru, Pall Dua, Manado.

Pembacaan ikrar Bela Negara dan menyanyikan lagu mars bela negara guna meletakan relevansi tekad untuk mewujudkan SDM unggul demi kemajuan Indonesia.

Dalam rangkaian upacara Hari Bela Negara ke-71 tahun 2019, inspektur upacara membacakan amanat President Republik Indonesia bahwa semenjak Mr. Syafroedin Prawiranegara mendirikan Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada tanggal 19 Desember 1948 di Bukit Tinggi untuk membela kelangsungan hidup Bangsa dan Negara, berbagai wujud bela negara telah susul menyusul silih berganti, untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap dan akan terus eksis selama-lamanya.

Sebagaimana yang telah diingatkan oleh Bung Karno, bahwa perang modern bukan sekedar perang militer, melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat. Di sinilah terletak relevansi tekad kita untuk mewujudkan SDM unggul demi kemajuan Indonesia dan Kemerdekaan ini jualah yang menjadi pedoman bagi kita semua untuk melaksanakan Bela Negara. Manusia paripurna mensyukuri berkah kebhinekaan dan mensinergikan beragam kekuatan, siap menghadapi interaksi dan persaingan global yang semakin kompetitif, serta menginsyafi dirinya sebagai mahluk Tuhan YME.

Inilah landasan prioritas Bela Negara untuk pembangunan SDM unggul yang diarahkan kepada perwujudan manusia Indonesia paripurna berdasarkan Pancasila. Nilai-nilai bela Negara yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesetiaan dan keyakinan kepada Pancasila sebagai Ideologi Negara, kerelaan berkorban untuk Bangsa dan Negara serta kemampuan awal bela negara dan semangat untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil dan Makmur. Maka faktor yang paling utama tetaplah SDM yang unggul demi kemajuan Indonesia.

Turut hadir, Para Asisten Danlantamal VIII, Dansatrol Lantamal VIII, Danyonmarhanlan VIII Bitung, Danlanudal Manado, Danpomal Lantamal VIII, Para Kadis/Kasatker, Para Perwira Staf Lantamal VIII, dan Para Peserta Upacara yaitu 1 SST Satsik, 1 SST Perwira, 1 SST Pomal, 1 SST Bintara dan Tamtama bersenjata, 1 SST Gabungan Bintara dan Tamtama Satrol dan Lanudal Manado, 1 SST Bintara dan Tamtama Yonmarhanlan Bitung, 1 SST ASN Lantamal VIII.

(Visited 82 times, 1 visits today)

Komentar