Wagub Sulut Pimpin Apel K3

Suluttimes, Manado: Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw memimpin apel memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional, Rabu (07/02/2024) di perusahaan BUMN yang ada di Kota Tomohon.

Pada peringatan tahun ini mengangkat tema utama Bulan K3 Nasional adalah Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha.

Dalam apel tersebut, Wagub Sulut yang didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulawesi Utara, Rahel Rotinsulu juga menyerahkan sejumlah penghargaan terkait penerapan K3 di tempat kerja. Diantaranya penghargaan kepada Bupati dan Walikota sebagai Pembina K3, yakni Kota Bitung, Kota Manado, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Bulan K3 Nasional Tahun 2024 sendiri telah dicanangkan secara langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, di Kawasan Smelter PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur (12/01/2024).

Ida Fauziyah pun menjelaskan terkait tema tahun ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk secara terus menerus mengingatkan, mengajak, dan menggelorakan semangat dan budaya penerapan K3 di tempat kerja, yang mana akan turut mendorong terciptanya kemandirian berbudaya K3. Budaya K3 sendiri merupakan salah satu syarat dalam membentuk ekosistem ketenagakerjaan yang unggul.

“Salah satu kunci penting dari pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul adalah dengan membangun budaya K3. Dengan adanya budaya K3 yang unggul, maka angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja akan dapat ditekan, yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan produktivitas kerja,” kata Ida.

Wagub Sulut pun secara tegas meminta kepada perusahaan di daerah Nyiur Melambai agar kesadaran untuk membudayakan K3 di tempat kerja.

Pada apel tersebut, Kepala Bidang Pengawasan, Maykel Kelah bertindak sebagai Komandan Apel. Dan kegiatan tersebut dihadiri jajaran Disnakertrans Sulut, Bupati/Walikota penerima penghargaan dan undangan.

Rotinsulu yang didampingi Kelah usai apel menambahkan bahwa pihaknya juga terus meningkatkan koordinasi,dan sinergi, dalam sistem pengawasan, informasi, dan layanan K3 (Teman K3); serta secara konsisten memotivasi stakeholders ketenagakerjaan yang berkinerja baik di bidang K3 dengan memberikan Penghargaan K3 kepada pemda, perusahaan, dan pihak-pihak terkait.

I

(Visited 58 times, 1 visits today)

Komentar