Camat Airmadidi Buka Kegiatan Musrenbang Tahun 2024

Suluttimes.com, AIRMADIDI – Camat Airmadidi, Rocky Tangkulung S.Sos membuka acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2024.

Kegiatan ini terpusat di aula kantor Kecamatan Airmadidi, Senin (05/02/24) dihadiri Bapedda, Kapolsek Airmadidi, Kepala SOPD, unsur Forkompimcam, Lurah dan para Kumtua, serta Pengurus BPD setiap Desa se-Kecamatan Airmadidi.

Dalam sambutannya, Camat Rocky Tangkulung menjelaskan tata cara evaluasi pelaksanaan pembangunan daerah, didalamnya Pembangunan Desa dan Kelurahan sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2008.

Perencanaan pembangunan yang telah berjalan maupun masih dalam perencanaan perlu disingkronisasikan dengan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara.

“Sebelumnya, tahapan musrenbang tingkat Desa dan Kelurahan sudah kita lalui. Hari ini kita melaksanakan Musrenbang tingkat Kacamatan. Berbagai usulan yang telah dirumuskan dan akan diverifikasi. Tepatnya bahwa semua ide gagasan yang bersumber dari tugas-tugas penyelenggaraan pemerintahan pembangunan kemasyarakatan berupa fisik maupun non fisik akan kita rumuskan secara bersama dalam kegiatan pada perencanaan pembangunan di tingkat Kecamatan Airmadidi,” terang Camat Rocky Tangkulung.

Lanjutnya, dalam rangka sinkronisasi data dari berbagai usulan atau program-program yang masuk yang sudah terlaksana pembangunan di setiap kantor Lurah, pemasangan Paving di setiap Kelurahan, pembangunan sekretariat PKK, dan selanjutnya pembangunan yang bersumber dari pokir-pokir Dewan. Seperti Drainase guna mencegah bencana banjir itu juga sudah terlaksana.

“Jika berbagai usulan yang belum terlaksana, melalui musrenbang ini akan kita rencanakan lagi,” ujar Camat

Ia menambahkan, kini sudah ada Aplikasi terupdate/terbaru, maka berbagai usulan bisa dirampungkan secara bersama.
Demikian perencanaan ini penting untuk dijadikan satu data yang akan diteruskan dalam Musrenbang tingkat Kabupaten maupun Provinsi.

“Perencanaan yang telah rampung juga akan kita bahas pada Musrenbang tingkat Kabupaten maupun Provinsi, karena disana ada anggaran DAK, DAU. Terkecuali jika Dana APBD kita tidak mampu untuk mencover semua perencanaan pembangunan di Desa dan Kelurahan, khusus di Kecamatan Airmadidi. Bukan tindak mungkin, bisa juga ada dana Provinsi yang turun. Bahkan selanjutnya akan dilaksanakan musrenbang di tingkat Nasional,” jelas Camat Rocky Tangkulung didampingi Sekcam Airmadidi, Melky Wantania.

“Hari ini kita akan melaksanakan musrenbang tingkat Kecamatan Airmadidi. Atas nama Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara, selaku Camat Airmadidi yang dipercayakan secara resmi membuka kegiatan Musrenbang ini. Kiranya Tuhan akan menyertai kita semua,” sebut Tangkulung menutup sambutannya. (dw/st)

(Visited 46 times, 1 visits today)

Komentar