Delon Jaring Asmara Desa Suwaan

Suluttimes.com, AIRMADIDI – Ketua DPRD Minut, Denny Lolong SSos, Kamis (12/12/19), melakukan kegiatan reses untuk menjaring aspirasi masyarakat (Asmara) dipusatkan di kantor Desa Suwaan, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Acara reses dimulai pukul 11.00 WITA, dihadiri Camat Kalawat Alexander Warbung, Kumtua Desa Suwaan, Steve Pinontoan, termasuk seluruh Kepala Desa di Kecamatan Kalawat, serta ratusan masyarakat datang membanjiri bangsal kantor Desa.

Dirangkaikan dengan itu, di depan kantor Desa juga disediakan pengobatan gratis menurut ketua Dekab Minut, diprakarsai Ikatan Keluarga Anggota Dewan (IKAD) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulut. “Pengobatan gratis ini digagas dinas kesehatan provinsi, jadi bukan dinas kesehatan Minut. Mereka bekerja sama dengan Ikatan Keluarga Anggota Dewan,” sebut Delon sapaan akrab Denny Lolong.

Pengobatan Gratis

Terungkap dalam reses, sejumlah aspirasi yang disampaikan masyarakat diantaranya soal menjamurnya pembangunan perumahan di Kecamatan Kalawat, disebutkan salah satu developer telah mengabaikan aspek lingkungan. Juga ada usulan dicetusnya program-program pemberdayaan, bentuk pelatihan ketrampilan sangat diperlukan tujuannya antara lain meminimalisir tingkat pengangguran. Termasuk ada usulan untuk pembangunan pasar, khusus di Desa Suwaan. Sebab, menurut warga, pasar yang ada saat ini hanya di Airmadidi.

Guna menjalankan fungsi pengawasan, Delon memastikan, DPRD akan segera memanggil seluruh Developer, terlebih pihak pengembang yang mengabaikan aspek lingkungan. “Selain pengembang, kami juga akan memanggil instansi teknis terkait untuk secepatnya mendapatkan solusi terbaik. Ini merupakan salah satu fungsi pengawasan DPRD,” ujar Delon.

Sementara usulan pembangunan pasar, menurut Delon merupakan ranah pemerintah Kabupaten, menyangkut lokasi dan pembelian lahan. “Usulan-usulan ini akan kami tampung untuk dibicarakan, apalagi program-program pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sudah dianggarkan di tahun 2020. Nantinya akan dijabarkan dinas terkait bukan saja di Desa Suawaan, tetapi tersebar di semua Kecamatan,” kunci Ketua DPRD Minut. (dw/st)

(Visited 17 times, 1 visits today)

Komentar