FDW Dampingi Desa Munte pada Penilaian Kampung KB Berkualitas Provinsi Sulut

Minsel // suluttimes.com

Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar, SH (FDW), pada Jumat (05/04/2024) menghadiri kegiatan Penilaian Kampung Keluarga Berkualitas Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Tahun 2024, yang bertempat di Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Mandiri “Kasama’an” Desa Munte, Kecamatan Tumpaan. 

Desa Munte yang terletak di Kecamatan Tumpaan akan menjadi Perwakilan Dari Kabupaten Minsel untuk mengikuti Lomba Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas Tahun 2024 Tingkat Provinsi.

Total Kampung Keluarga Berkualitas  di Indonesia sebanyak 60.833. Dan di Kabupaten Minsel terdapat 29 Desa dalam Predikat Kampung Keluarga Berkualitas (KB) yang terbagi dalam Tiga Kriteria, diantaranya :

4 Desa Kriteria Berkelanjutan : (Desa Munte, Desa Tangkuney, Desa Wiau Lapi, Desa Kapoya),

20 Desa Kriteria Mandiri : (Desa Wulurmaatus, Desa Kakenturan, Desa Liandok, Desa Torout, Desa Lompad, Desa Mopolo Esa, Desa Lalumpe, Desa Raanan Baru Satu, Desa Picuan Satu, Desa Wanga, Desa Kapitu, Desa Wakan, Desa Molinow, Desa Blongko, Desa Kilometer, Desa Popareng, Desa Bajo, Desa Arakan, Desa Tumaluntung, Desa Pinapalangkow).

5 Desa Kriteria Berkembang : (Desa Temboan, Desa Keroit, Desa Lolombulan Makasili, Desa Boyong Atas, Desa Kotamenara)

Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana), telah menjadi Program Prioritas Nasional. Salah satunya melalui Pembentukan, Pengembangan dan Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas atau yang biasa kita sebut dengan kampung Kb.

Pembentukan Kampung KB merupakan Ikon dari Program Kependudukan, yang harus kita dukung bersama-sama, dalam upaya mendekatkan pelayanan dan pembangunan sektor terintegrasi ke desa-desa, demi terwujudnya pembangunan keluarga yang lebih berkualitas.

Dengan adanya Kampung KB, tentunya semakin memudahkan Pemerintah Daerah dalam melakukan Intervensi terhadap keluarga keluarga yang ada, agar terbentuk individu anggota keluarga yang Berkualitas, Berkarakter dan Bersumber Daya Manusia yang unggul sebagai modal dasar untuk membangun Daerah.

Hadir dalam kegiatan ini yakni : Ketua Tim Kerja Penilaian Penduduk dari Perwakilan BKKBN Provinsi Sulut Ignasius Worung, SE, M.Si., bersama dengan Rombongan, Forkopimcam Tumpaan, Lansia Desa “Pakalowiren”, Poktan, Pokja, Pengurus Rumah Dataku dan para Penyuluh KB.

Turut hadir mendampingi Bupati Minsel FDW yaitu : Kepala Dinas PPKB bersama Jajaran, Plt. Kepala Dinas Kominfo, Camat Tumpaan, Hukum Tua Desa Munte bersama Perangkat Desa.

(Jovan)

(Visited 13 times, 1 visits today)

Komentar