FDW Kukuhkan Perpanjangan Keanggotaan BPD Se-Kecamatan Amurang Raya

Sulut Times, MINSEL – Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar, SH (FDW) mengukuhkan dan mengesahkan Perpanjangan Masa Keanggotaan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kabupaten Minsel, yang bertempat di Aula Kantor Camat Amurang, Senin (08/07/2024) hari ini.

Dengan berlakunya Undang-Undang (UU) Republik Indonesia (RI) Nomor 3 Tahun 2024 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa maka pelaksanaan dari UU tersebut menjadi Mutlak dan Mengikat. Pada pasal 39 mengamanatkan terjadi perubahan terhadap masa jabatan Kepala Desa menjadi  Delapan Tahun, terhitung sejak Tanggal Pelantikan dan menjabat paling banyak dua kali Masa Jabatan secara berturut-turut atau tidak secara berturut-turut, sehingga telah dilaksanakan juga Pengukuhan Perpanjangan Masa Jabatan Hukum Tua periode Tahun 2022-2030 dan penyerahan surat Keputusan Bupati Minsel, pada Kamis 4 Juli 2024 yang lalu.

Demikian pula pada Pasal 56, yang juga mengamanatkan terjadi perubahan terhadap masa jabatan Badan Permusyawaratan Desa menjadi  Delapan Tahun, terhitung sejak tanggal Pengucapan Sumpah/Janji dan dapat dipilih kembali dalam Jabatan yang sama.

Pelaksanaan pengukuhan perpanjangan masa jabatan Kepada Badan Permusyawaratan Desa merupakan bentuk kepastian Hukum yang diberikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) sehingga dengan tambahan Dua Tahun Masa Jabatan diharapkan mampu memberikan dampak yang besar terhadap kemajuan Desa.

Oleh Karena Itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel mengambil langkah strategis dalam melaksanakan Regulasi tersebut, melalui Pengukuhan Perpanjangan Masa Jabatan Badan Permusyawaratan Desa Di Kabupaten Minsel dengan nemberikan Surat Keputusan Bupati Minsel kepada Badan Permusyawaratan Desa yang ada di Kecamatan Amurang, Amurang Barat dan Amurang Timur.

Menjadi harapan kedepan, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) akan menjadi wadah bagi Masyarakat Desa dalam membangun tradisi Demokrasi, sekaligus tempat pembuatan kebijakan publik Desa serta menjadi alat Kontrol bagi proses penyelenggaran Pemerintahan dan pembangunan di tingkat Desa. 

Diketahui Jumlah BPD Se-Kecamatan Amurang Raya yang di Kukuhkan untuk Kecamatan Amurang 14 Orang, Kecamatan Amurang Timur 52 Orang, dan Kecamatan Amurang Barat 50 Orang

Hadir dalam kegiatan ini Forkopimda Kabupaten Minsel, Staf Khusus Bupati Minsel, para Anggota BPD pada Desa-Desa se-Kecamatan Amurang, Amurang Timur dan Amurang Barat.

Turut mendampingi Bupati Minsel yakni : Sekretaris Daerah, Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Sekda, Asisten Perekonomian Dan Pembangunan Sekda, para Kepala Perangkat Daerah, Camat Amurang, Camat Amurang Timur, Camat Amurang Barat dan para Hukum Tua se-Kecamatan Amurang, Amurang Timur dan Amurang Barat. (Jovan/*)

(Visited 30 times, 1 visits today)

Komentar