Raup 47.711 Suara, Senator Stefanus BAN Liow Jawara di Minsel

Sulut Times, MINSEL : Ir Stefanus BAN Liow MAP (SBANL) yang hampir pasti melenggang lagi ke Senayan untuk ketiga kalinya meraup suara terbanyak di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) pada pemilu 2024 untuk calon Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI).

Minsel yang merupakan tanah kelahiran suami tercinta Ir Miky Junita Linda Wenur MAP ini mematahkan dominasi Maya Rumantir yang unggul di daerah lain. Minsel dan Kota Tomohon adalah daerah yang dimenangi Senator Stefanus Liow.

Suara di Kota Tomohon berjumlah 28.576, disusul Maya Rumantir 20.337, kemudian Adriana Dondokambey 8.555.

Untuk perolehan suara di Minsel, sesuai hasil pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024, Senator Stefanus Liow memperoleh 47.711 suara dari 136.060 suara sah atau naik seratus persen lebih dari tahun 2019 yang memperoleh 23.100 suara.

Posisi kedua Maya Rumantir dengan 34.806 suara, disusul Adriana Dondokambey 21.198 suara.

Putra Jantje Liow asal Sendangan Kawangkoan dan Cornelia Corry Runtuwene asal Rumoong Bawah ini menghabiskan masa kecil dan mudanya di Amurang Minsel.

Dibaptis dan sidi di Jemaat GMIM Efata Rumoong Bawah, SD Negeri Rumoong Bawah, SMP Negeri 2 Amurang, SMA Negeri 162 Amurang.
Di masa mudanya, SBANL dikenal sosok visioner dan misioner dan menjadi motivator.

Usia belasan tahun setelah lulus SMA, SBANL menghimpun teman-teman sebayanya bahkan beberapa tahun umur di atasnya membentuk Generasi Muda Pencita Alam (Gemupala) di mana dia didaulat menjadi ketuanya.

Demikian halnya menjadi salah satu inisiator membentuk Karang Taruna Lestari Rumoong Bawah dengan ketua pertama Boy Lumunon, lalu Recky Lalawi lanjut SBANL.

Di tanah kelahirannya, SBANL pernah menjadi Ketua Musik Bambu Klarinet Irama Maesaan Rumoong Bawah.

Di masa mudanya, SBANL aktif menginisiasi agenda dan kegiatan baik melalui Gemupala maupun Karang Taruna, menaruh perhatian pada pemberdayaan ekonomi, penghijauan dan minat bakat.

Sejak muda SBANL hobby ke kebun, lintas alam dan main sepak bola.

Tokoh Masyarakat Rumoong bawah Rolly Rorimpandey dan Detty Tamburian SH mengetahui persis sepak terjang SBANL sejak di masa mudanya.

Ia bukan hanya disegani teman-teman sebayanya tetapi juga orang-orang tua.

(Visited 48 times, 1 visits today)

Komentar