Masyarakat Desa Laikit Dibekali Ketrampilan Bikin Kue

Suluttimes.com, AIRMADIDI – Pemerintah Desa (Pemdes), Laikit bersama Ole-ole Omayuli gelar kegiatan “Baking Demo” ketrampilan membuat kue, berlangsung di Balai Desa Laikit, Kecamatan Dimembe, Rabu (10/07/24).

Acara Baking Demo turut disaksikan Camat Dimembe Ansye Dengah S.Sos MSi, Kumtua Desa Laikit Frans Rotty Manua, termasuk kehadiran 40 peserta yang akan mengikuti pelatihan.

Pemdes Laikit bersama Ole-ole Omayuli bekerjasama dengan PT Delisari Nusantara, yang menyiapkan alat dan bahan bahan kue untuk demo.

Baking Demo menghadirkan Chef Vian berbagi ketrampilan membuat Nocciola Thum print cookies, Roti Manis dan Shine Fudgy Brownies.

Meidy Wagiu selaku Owner Ole-ole OmaYuli menjelaskan tujuan kegiatan ‘baking demo’ agar masyarakat Desa Laikit punya keahlian lebih khusus untuk meningkatkan pendapatan atau income keluarga dan memperbaiki ekonomi keluarga.

“Ini awal yang bagus untuk ibu-ibu atau pemudi bisa menambah ketrampilan membuat kue. tetapi kedepannya pasti ada kelanjutannya,” terang Meidy Wagiu.

Dia menjelaskan usaha bisnis kue ‘Ole-ole Omayuli’ yang telah dirintis
sejak 9 tahun silam berada di dua lokasi, yakni di Paniki (depan BKN), dan di kawasan Mega Mas.
Sementara kegiatan Baking Demo baru pertama kalinya dilakukan yang dimulai di Desa Laikit, Kecamatan Dimembe, Kab Minahasa Utara (Minut).

“Kami hanya toko kecil ‘Ole-Ole Omayuli’ punya kerinduan memberi keterampilan bagi ibu ibu khususnya bagi masyarakat Desa. Saya asal Desa Laikit, jadi mulai memberikan pelatihan sekaligus perdayakan masyarakat setempat untuk mengembangkan usaha kue. Sehingga tidak harus tergantung jadi pegawai, atau harus jadi apa, tapi punya usaha sendiri dan pendapatan sendiri,” terangnya menceritakan bagaimana mencari kegiatan usaha guna menambah income bagi ibu-ibu rumah tangga.

Kegiatan ini menurutnya, menindaklanjuti kegiatan pelatihan bersama Bank Indonesia (BI), namanya Wirausaha Bank Indonesia (WUBI).

“Dari kegiatan ini, saya termotivasi untuk berbagi ilmu. Jadi kita tidak dapat ilmu untuk diri sendiri melainkan untuk berbagi,” ujarnya.

Sementara Kumtua Desa Laikit Frans Rotty Manua mengatakan, Pemerintah Desa berterima kasih kepada Ole-ole Omayuli yang telah membantu masyarakat Desa Laikit lewat usaha-usaha kecil. Dari kegiatan akan berdampak langsung sekaligus guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Laikit, juga telah menghadirkan PT Delisari Nusantara untuk giat Baking Demo.

“Apa yang diperagakan hari ini lewat pelatihan-pelatihan kiranya berguna bagi masyarakat, bisa dikembangkan, ataupun bisa bekerjasama dengan BUMDES Desa Laikit,” sebut Kumtua optimis.

Senada Camat Dimembe Ansye Dengah mengapresiasi kegiatan pelatihan seperti ini bertujuan memudahkan masyarakat menambah pengetahuan, lebih khusus yang akan berusaha membuat kue misalnya. Tentunya dengan pelatihan seperti ini masyarakat lebih fokus untuk bisa dikembangkan usaha-usaha mikro, niscaya secara bertahap akan berkembang usahanya menambah penghasilan keluarga.

“Semoga kedepan kegiatan seperti ini bisa berlanjut, mungkin dengan produk olahan lainnya guna menambah pengetahuan bagi masyarakat, yang dapat dikembangkan sebagai usaha keluarga atau kelompok,” pesan Camat. (dw/st)

(Visited 13 times, 1 visits today)

Komentar