Momentum Harkitnas ke-116 Memacu Semangat Menuju Indonesia Emas 2045

Suluttimes.com, AIRMADIDI – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Pemkab Minut) menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 terpusat di lapangan kantor Bupati, Senin (20/05/24).

Sebagai Inspektur Upacara (Irup), Bupati Joune Ganda SE MAP MM MSi sekaligus membacakan sambutan Menteri Kominfo RI pada upacara peringatan Harkitnas tahun 2024.

Dalam sambutan Menkominfo RI, mengatakan bahwa momentum peringatan Harkitnas tahun 2024 ini harus dijadikan satu semangat bersama untuk menuju Indonesia emas 2045 mendatang.

Juga menekankan hal penting lainnya untuk disikapi adalah dampak dan tantangan kemajuan teknologi yang sangat kompleks dan bergerak cepat.

“Saat ini progres dan dampak digitalisasi telah menjadi kebutuhan dan tantangan yang harus dihadapi dengan kesiapan infrastruktur dan SDM yang terdidik dan melek teknologi,” sebut Bupati Joune Ganda mengutip sambutan Menkominfo RI.

Di kesempatan yang sama, Bupati Joune Ganda (JG) juga mengingatkan tiga hal penting kepada pimpinan OPD Strategis yakni Dinas Pendidikan, Dinas Pemdes dan BKPSDM.

“Dinas Pendidikan harus mampu mempersiapkan para siswa yang handal dan siap pakai. Dinas pendidikan harus memberikan pengajaran dan pemahaman teknologi yang benar sesuai dengan perkembangan jaman digital saat ini,” pesan Bupati JG.

Hal yang sama dialamatkan kepada Dinas Pemdes, Bupati Joune Ganda berharap semakin menajamkan pembangunan di Pedesaan dengan membangun sinergitas dengan pemerintah Provinsi Sulut dan pemerintah pusat.

Sebab kemajuan Desa menurut bupati, merupakan potret dan barometer keberhasilan pembangunan nasional.

“Sementara untuk jajaran Dinas BKPSDM Minut terkait tata kelola ASN yang lebih baik lagi dan tidak melanggar regulasi, jangan ada tindakan yang melawan hukum terkait jabatan ASN,” lanjut orang nomor satu di jajaran Pemkab Minut mengingatkan.

“Bagi seluruh ASN Pemkab Minut, hati-hati yang mau sogok-sogok, hal ini saya tidak akan tolerir siapapun dan apapun alasannya. Jika hal ini terjadi maka akan merugikan karier di birokrasi,” tambah Bupati JG.

Diharapkan peringatan Harkitnas tahun 2024 ini sebagai wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dalam menjaga semangat kebangkitan nasional melalui peningkatan kualitas pendidikan dan integritas para ASN, demi terciptanya pemerintahan yang bersih dan pelayanan publik yang optimal.

Dirangkaikan dengan kegiatan ini, Bupati Joune Ganda memberikan piagam penghargaan kepada Dinas BPBD, Dinas Damkar dan juga Polres Minut atas peran aktif dan respon cepat dalam menindaklanjuti laporan masyarakat melalui call center 112.

Kegiatan upacara Harkitnas ke-116 tahun 2024, juga dihadiri Wakil Bupati Kevin Lotulung, Sekda Novly Wowiling, unsur Forkopimda,
jajaran kepala OPD, staf ahli dan staf khusus, para Camat, serta seluruh ASN lingkup Pemkab Minut. (dw/st)

(Visited 13 times, 1 visits today)

Komentar