Pemkab Minut Sabet Piala Adipura 2023

Suluttimes.com, AIRMADIDI – Wakil Bupati Minahasa Utara (Minut), Kevin William Lotulung SH MH mewakili Bupati Joune Ganda SE MAP MM MSi menerima piala Adipura tahun 2023, Kategori Kota Kecil dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Bersama sejumlah daerah Penerima Adipura di Indonesia, tercatat tiga daerah di Sulawesi Utara (Sulut) memperoleh Adipura tahun 2023 diantaranya, Kota Bitung menerima Adipura Kencana, sementara Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Kotamobagu penerima Adipura Kategori Kota Kecil diserahkan langsung Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, di acara yang berlangsung di Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti Direktorat Penanganan Sampah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Selasa (05/03/24).

Mengutib penyampaian bupati Joune Ganda, Wakil Bupati Kevin W. Lotulung (KWL) mengatakan bahwa
prestasi gemilang ini menjadi bukti nyata bahwa Pemerintah dan masyarakat Minahasa Utara telah menunjukkan dedikasi tinggi dalam menjaga kebersihan, keindahan, dan kelestarian lingkungan.

Penghargaan ini merupakan upaya dan kerja keras seluruh komponen di masyarakat dengan aktif menjaga dan memelihara kebersihan, keberhasilan dalam pengelolaan sampah serta lingkungan.

“JG-KWL mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam meraih Adipura ini, seluruh jajaran Pemkab Minut dengan giat menjadi motivator lewat program JaGa Kebersihan Wilayah dan Lingkungan (JGKWL) yang mengakar hingga di tingkatan Pemerintahan Desa, dilaksanakan setiap hari Jumat pagi,” sebut Kevin sapaan akrab Wakil Bupati Minut.

Kevin kembali menekankan atensi bupati bahwa Piala Adipura bukan sekadar simbol penghargaan tetapi merupakan prestise dan pengakuan atas upaya pengelolaan lingkungan perkotaan yang optimal.
Prestasi luar biasa ini membuktikan bahwa Pemkab Minahasa Utara telah menunjukkan komitmen tinggi dalam menjaga kebersihan, keindahan, dan keberlanjutan lingkungannya.

“Penghargaan ini dipersembahkan kepada seluruh masyarakat Minut. Buah dan hasil dari kerja keras kita selama ini, dan kado keberhasilan jajaran Pemerintah dan masyarakat,” ujar Kevin sembari manambahkan bahwa Pemerintah terus berkomitmen dimana masalah kebersihan lingkungan menjadi terpenting di masyarakat.

Turut mendampingi Wakil Bupati kala penerimaan Piala Adipura tahun 2023, diantaranya Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Minut, Mathen Sumampouw.

Sumampouw menambahkan, output program serta kebijakan JGKWL lewat dukungan anggaran yang dimanfaatkan secara optimal dengan melibatkan semua unsur di masyarakat.

“Penghargaan ini sekaligus bukti konsisten Pemerintah dinakhodai JGKWL berkomitmen memberikan perhatian menjadikan kebersihan dan keindahan lingkungan secara keberlanjutan di Kabupaten Minahasa Utara,” tambah Kadis Lingkungan Hidup Pemkab Minut. (dw/st)

(Visited 25 times, 1 visits today)

Komentar