Hadiri HUT Wanua Dembean Ke-353 Bupati JG Bilang Begini …

Suluttimes.com, AIRMADIDI – Bupati Minahasa Utara (Minut), Joune Ganda SE MAP MM MSi hadiri Ibadah Natal Pemerintah Desa (Pemdes) Lembean, dirangkaikan dengan Perayaan HUT Desa Ke-353 tahun, Rabu (27/12/23).

Pemasangan lilin HUT masing-masing oleh Kumtua Daisy Soemampouw SH, Bupati Joune Ganda (JG) dan Ketua BPD Robby Parengkuan SH.

Bupati nampak hanyut dengan suara pasangan (duet) lansia membawakan lagu daerah diiringi alunan musik kolintang, juga dimainkan para lansia.

Tak mau kalah, bupati Joune Ganda ikut melantunkan sebuah lagu daerah berjudul “Saaku Gumenang” juga diiringi alat musik kolintang.

“Alat musik tradisional Kolintang telah diakui keindahannya di dunia internasional. Ini merupakan salah satu budaya yang harus dipertahankan dan dilestarikan. Berikan pembekalan dan pembinaan bagi generasi muda, mulai dari anak-anak agar musik kolintang tidak ditinggalkan atau hilang,” ajak JG sapaan akrab bupati Minahasa Utara (Minut).

“Saya baru tahu ternyata Desa Lembean mengukir banyak prestasi. Dua hari lalu kita sama-sama telah merayakan Natal, sekarang merayakan HUT Wanua Dembean. Saya yakin suasana sukacita pasti dirasakan Pemerintah Desa bersama masyarakat yang ada. Saya pribadi/keluarga sekaligus mewakili Pemerintah Kabupaten mengucapkan selamat Natal, selamat Hari Jadi, kiranya Tuhan Yesus selalu memelihara kita semua,” ujar Bupati mengawali sambutannya.

Dalam sambutannya, bupati JG menjelaskan rencana Pemerintah kedepan tahun 2024-2025 tepatnya dari lokasi Barawas terletak di Desa Lembean, Kecamatan Kauditan akan terhubung langsung ke Minahasa Induk (Kabupaten Minahasa).

Halnya, Destinasi Wisata akan dibangun di derah Pantai Selatan (Makalisung), Kecamatan Kema, Minahasa Utara. Akses ke lokasi ini juga akan dibangun dari Desa Lembean.
Apalagi Desa Lembean memiliki Destinasi wisata seperti Bukit Waleposan dan Danau Seper kini menjadi perhatian untuk dikembangkan.

“Desa Lembean akan menjadi sentra, akses Kabupaten Minut dengan Kabupaten Minahasa. Jika ini diwujudkan, maka Desa Lembean akan lebih terbuka.
Itulah gambaran perencanaan pembangunan pemerintah Kabupaten,” tutup JG.

Hadir Kumtua Desa Lembean Daisy Soemampouw SH didampingi Theodorus Lasut (suami), anggota DPR Provinsi Sulut Agustien Kambey SPd, anggota DPRD Minut Poultje Sundah SE, Majelis adat, Kapolsek Kauditan Iptu Iwan Towani, mewakili Danramil 05 Kauditan, Kadis Kominfo juga Ketua BPD Desa Lembean Robby Parengkuan SH, mantan Hukumtua, Perangkat Desa, Pengurus TP PKK, tokoh masyarakat, tokoh agama serta masyarakat. (dw/st)

(Visited 58 times, 1 visits today)

Komentar