Gelar Rakor EPRA, Ini Arahan Bupati Minsel

Sulut Times, MINSEL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) dibawah kepemimpinan Bupati Franky Donny Wongkar, SH (FDW) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (EPRA), bertempat di Kantor Bupati, pada Senin (22/04/2024) kemarin.

Rakor EPRA yang dibuka oleh Bupati Minsel FDW tersebut, turut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda), para Asisten Sekda, para Staf Ahli Bupati, para Kepala Perangkat Daerah, para Kepala Bagian Setda dan para Camat.

Pelaksanaan Rakor EPRA Kabupaten Minsel Triwulan Satu Tahun Anggaran 2024 sangat penting dan strategis untuk mengevaluasi apa saja program dan kegiatan yang belum terlaksana secara optimal dan apa saja kendalanya sekaligus merumuskan jalan keluarnya.

Dalam arahannya, Bupati Minsel FDW menyampaikan bahwa dalam penggunaan anggaran pelaksanaan program dan kegiatan yang telah direncanakan haruslah sejalan dalam mendukung pencapaian Visi Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan, yaitu mewujudkan Minahasa Selatan Maju, Berkepribadian, dan Sejahtera.

Dan minta seluruh Perangkat Daerah untuk mempercepat pelaksanaan program dan kegiatan sesuai Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan anggaran kas setiap Perangkat Daerah melalui sumber Dana APBD Kabupaten, atau sesuai aturan serta petunjuk teknis untuk setiap kegiatan yang bersumber dari Dana APBD Provinsi maupun APBN.

“Melalui Rakor ini dapat memberikan masukan-masukan tentang perkembangan pembangunan yang ada di Kabupaten Minsel sesuai ruang lingkup masing-masing setiap Perangkat Daerah, termasuk solusi terhadap berbagai hambatan dan kendala dalam pelaksanaan program pembangunan, sehingga Visi dan Misi kita dapat tercapai bahkan memperoleh berbagai keberhasilan dan prestasi bagi daerah Kabupaten Minsel,” katanya.

Selanjutnya, FDW mengingatkan kembali kepada seluruh Perangkat Daerah akan pentingnya laporan pelaksanaan program, kegiatan dan penyerapan anggaran secara berkala.

“Jangan menunggu data dan laporan diminta, tapi hendaknya data dan laporan tersebut harus dilaporkan secara berkala sehingga ke depan kita tidak mengalami kesulitan untuk melakukan evaluasi bahkan bila nantinya data itu diperlukan untuk pelaporan ke Pemerintah Provinsi maupun ke Kementerian terkait. Olehnya kiranya Ibu Sekda dan para Assisten yang ada untuk setiap bulan melakukan evaluasi realisasi anggaran dan kegiatan di masing-masing SKPD sesuai Keasistenan masing-masing dan dilaporkan,” Tutup Bupati FDW diakhir sambutannya. (Jovan*)

(Visited 9 times, 1 visits today)

Komentar