Angin Kencang Tahan Penerbangan Helikopter Memuat Kepala BNPB

Oleh: Ronald Munthe

Sulut Times, Manado – Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo mungkin saja tak akan melupakan pengalamannya datang ke lokasi bencana Kampung Lebo, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Senin (6/12). Pasalnya, saat dia naik di salah satu helikopter yang hendak membawanya, heli tersebut gagal lanjut terbang, meskipun sempat naik beberapa meter.

Akibatnya rombongan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Sangihe, Dandim, Kapolres, Kajari, Forkompimda Sangihe, BPBD Sangihe dan Sulawesi Utara, serta sejumlah pejabat Pemprov Sulut yang berada di lapangan sempat panik melihat heli tersebut gagal terbang.

Doni Monardo mensyukuri kegagalan terbang ini tak menimbulkan korban jiwa dalam peristiwa ini. “Syukur tak ada korban jiwa. Terpaksa kita putuskan untuk tidak melanjutkan penerbangan,” ujar Doni, Senin (6/12).

Heli itu gagal lanjut terbang akibat angin yang cukup kencang, sehingga heli tidak seimbang. Bahkan beberapa kendaraan di sekitar lokasi sempat terseret beberapa meter.

Diketahui, Desa Lebo, Kecamatan Manganitu, Kabupaten Kepulauan Sangihe, tiga hari lalu mengalami bencana banjir bandang dan tanah longsor. Tiga orang meninggal, sejumlah rumah hanyut dan infrasturktur rusak parah, akibat kejadian itu. 

(Visited 10 times, 1 visits today)

Komentar