Bahas Penanganan 44 Orang Asing yang Terdampar, Imigrasi Tahuna Sambangi Pemda Kabupaten Kepulauan Talaud

Sulut Times, Melonguane (01/02) : Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tahuna Novly T. N. Momongan, yang diwakili oleh Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Wawan A. Mido, sambangi Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud dalam rangka koordinasi terkait penanganan bersama terhadap ke-44 Orang Asing yang diduga kuat berkebangsaan Filipina yang saat ini berada di Melonguane Kabupaten Kepulauan Talaud karena keadaan kahar.

Dalam koordinasi kali ini, Kasi Inteldakim Wawan A. Mido dan Tim disambut langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kab. Kepl. Talaud, Daud Malensang. Atas nama Pemerintah Daerah Kab. Kepl. Talaud, Asisten Pemerintahan dan Kesra menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih atas kehadiran dari Imigrasi Tahuna dalam memfasilitasi instansi terkait yakni seluruh anggota TIMPORA Talaud dalam menangani 44 Orang Asing yang terdampar di wilayah Melonguane Talaud.

“Saya sangat berterima kasih atas dukungan dari rekan-rekan Imigrasi Tahuna, yang senantiasa selalu sigap dan tanggap dalam mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan Orang Asing di wilayah Kepulauan Talaud. Saya berharap, Pemda Talaud bersama dengan instansi terkait dengan Imigrasi Tahuna akan terus bersinergi dan semakin bekerja lebih keras demi menjaga keutuhan dan kemanan serta kedaulatan Negara Republik Indonesia,” pungkas Malensang menyambut kehadiran Tim Imigrasi Tahuna.

Disamping itu, Kasi Inteldakim Wawan A. Mido juga menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan yang tak terhingga dari Pemda Talaud terhadap Imigrasi Tahuna selama melaksanakan kegiatan di wilayah Kepulauan Talaud.

Bersamaan dengan hal tersebut, Kasi Inteldakim juga membahas terkait penanganan bersama terhadap ke-44 Orang Asing yang saat ini sedang diamankan di Lanal Melonguane dikarenakan hanyut dan terdampar sampai ke wilayah Indonesia khususnya di Melonguane, Kab. Kepl. Talaud karena cuaca buruk saat sedang menangkap ikan di wilayah perairan Filipina.

Lebih lanjut, untuk proses penanganan bersama akan dibahas secara teknis dalam Operasi Gabungan anggota TIMPORA, didalamnya juga akan dilakukan wawancara serta pemeriksaan singkat terhadap ke-44 Orang Asing dimaksud.

“Atas nama Kepala Kantor Imigrasi Tahuna Novly T. N. Momongan, dengan penuh rasa hormat kami haturkan rasa terima kasih kepada Pemda Kab. Kepl. Talaud yang selalu memberi dukungan kepada Imigrasi Tahuna dalam melaksanakan kegiatan di wilayah Kepulauan Talaud. Pada kesempatan ini juga, kami mengundang Pemda Talaud untuk hadir dalam kegiatan Operasi Gabungan TIMPORA Talaud, yang akan dilaksanakan di Lanal Melonguane untuk membahasa lebih lanjut penanganan 44 Orang Asing tersebut,” tutur Mido.

Pertemuan ini juga sebagai bentuk silaturahmi awal tahun Imigrasi Tahuna dengan Pemda Talaud untuk terus berkolaborasi dan bekerja sama dalam menciptakan lingkungan yang damai, kondusif terlebih menjelang Pemilu 2024.

(Visited 17 times, 1 visits today)

Komentar