Kanim Tahuna Pastikan 44 WNA Filipina yang Terdampar di Pantai Bao akan di Pulangkan dengan Baik

Sulut Times, Melonguane (01/02) : Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tahuna laksanakan Operasi Gabungan Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Kabupaten Kepulauan Talaud Tahun 2024 pada Kamis, 01 Februari 2024.

Adapun kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) yang telah dilaksanakan sebelumnya. Kemudian kegiatan diawali dengan rapat persiapan Operasi Gabungan TIMPORA yang dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Wawan A. Mido dengan menyampaikan teknis pelaksanaan Operasi Gabungan dalam hal ini lokasi target operasi yang bertempat di Pangkalan TNI Angkatan Laut Melonguane dan hal-hal apa saja yang dapat dilaksanakan oleh masing-masing Instansi di lapangan.

Selanjutnya setelah tiba di lokasi, Tim kemudian bertemu dengan 44 (empat puluh empat) orang WNA Filipina yang sebelumnya terdampar di pesisir Pantai Bao, Kelurahan Melonguane Barat, Kecamatan Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud dan dari hasil wawancara juga berdasarkan keterangan yang disampaikan bahwa mereka menangkap ikan tuna di wilayah perairan Filipina sejak satu minggu yang lalu yaitu pada tanggal 21 Januari 2024, dan karena cuaca buruk serta angin kencang bertiup dari arah utara, maka 44 (empat puluh empat) orang WNA asal Filipina dengan 9 (sembilan) Pump boat terbawa arus sampai ke wilayah perairan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Kanim Tahuna Novly Momongan melalui Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Wawan A. Mido mengatakan 44 kru yang terdampar di Kepulauan Talaud akan di pulangkan dengan baik.

“Berdasarkan hasil musyawarah bersama, diperoleh pendapat terbanyak bahwa 9 (sembilan) pump boat dan 44 (empat puluh empat) kru dapat kembali pulang ke negara asal Filipina dari wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara setelah cuaca dan kondisi alat angkut dipastikan baik,”jelasnya

(Visited 11 times, 1 visits today)

Posting Terkait

Baca Juga

Komentar